Mengenal Check-in Through pada penerbangan lanjutan

Garuda A330 VIY2009Surat pembaca Kompas tanggal 11 Agustus 2009 memuat keluhan penumpang saat transit di bandara Ngurah Rai Bali. Singkat cerita, seorang penumpang dari Osaka mengalami kerepotan harus transit di bandara itu sebelum melanjutkan penerbangannya ke tujuan akhir Jakarta. Sang penumpang harus keluar imigrasi dan mengurus bagasinya dan untuk selanjutnya harus melakukan check-in pada penerbangan lanjutan dengan kembali mendaftarkan bagasinya. Cukup merepotkan bagi sang penumpang yang merasa karena membeli tiket Osaka Jakarta maka seharusnya bagasi dipindahkan langsung dan tidak perlu check-in lagi. Nah biar kerepotan ini tidak terjadi pada Anda, sebaiknya mengenal fasilitas check-in through pada penerbangan transit.

Fasilitas check-in through adalah layanan dari airline dimana Anda tidak perlu lagi mengurus perpindahan bagasi dan check-in ulang pada penerbangan lanjutan. Biasanya fasilitas ini hampir pasti diberikan untuk penerbangan domestik, tetapi tidak selalu untuk penerbangan internasional. Jika airline, seperti yang dikeluhkan penumpang tadi, itu menyediakan fasilitas ini maka sang penumpang tidak perlu lagi mengalami kerepotan tadi.

Singapore Air A380Jika Anda terbang dengan harus transit di suatu bandara sebaiknya tanyakan fasilitas ini saat melakukan pembelian tiket. Ini perlu agar karena Anda dapat menentukan pilihan serta dapat memperkirakan waktu antara kedatangan dan keberangkatan penerbangan lanjutan Anda. Contoh sederhananya adalah jika Anda membeli tiket Jakarta-Brisbane. Anda bisa terbang dengan Qantas, dengan rute Jakarta(CGK)-Sydney(SYD)-Brisbane(BNE), atau dengan Singapore Airline dengan rute Jakarta(CGK)-Singapore(SIN)-Brisbane(BNE). Jika pilihan jatuh pada Qantas Anda akan transit di Sydney, sedangkan jika terbang dengan Singapore Airline Anda akan transit di Singapore. Nah bedanya, Singapore Airline menyediakan fasilitas check-in through di Changi Airport, dan fasilitas yang sama tidak disediakan di Sydney International Airport jika Anda pilih Qantas. Artinya begitu mendarat di Changi Anda tidak perlu check-in ulang dan mengurus bagasi Anda di Changi. Tetapi tidak begitu halnya jika dengan Qantas. Begitu mendarat di Sydney Anda harus clearence di imigrasi di bandara Sydney dan untuk selanjutnya harus menuju terminal domestik untuk check-in untuk penerbangan SYD-BNE.

Fasilitas check-in through jelas-jelas adalah kemudahan bagi penumpang yang diataranya adalah :

  • Terbebas dari kerepotan check-in dan membawa bagasi
  • Terbebas dari keterlambatan untuk penerbangan pada rute lanjutan, sebab dapat diidentifikasi penumpang-penumpang dari penerbangan sebelumnya.
  • Anda tidak harus membayar pajak bandara untuk rute lanjutan.

Airline pada dasarnya akan memberikan fasilitas ini jika memungkinkan, yang diantaranya disebabkan oleh :

  • Infrastruktur di bandara. Untuk bandara seperti Changi akan sangat mudah SQ memberikan fasilitas ini karena infrastruktur sangat mendukung, karena penerbangan lanjutan berada pada terminal yang sama. Semua penerbangan di Changi adalah penerbangan internasional. Bandara di Indonesia rata-rata memisahkan antara terminal internasional dan domestik ini. Beberapa pengecualian adalah andara Juanda dimana terminal domestik dan internasional berada pada bangunan yang sama. Bandara Soekarno Hatta khusus untuk penumpang Garuda yang berada di terminal E & F yang berdampingan.
  • Sistem yang digunakan. Fasilitas check-in through akan mudah diberikan jika menggunakan sistem check-in yang sama. Penggunaan sistem yang sama ini memungkinkan pengalokasian tempat duduk pada penerbangan lanjutan dapat dilakukan saat check-in penerbangan pertama. Contoh penerbangan American Airline dari Amerika Serikat tujuan Bali harus transit dulu di Singapore dan berganti pesawat Singapore Airline di Changi. Karena AA dan SQ sama-sama anggota Star Aliance maka dimungkinkan sistem kedua airline ini terintegrasi sehingga saat penumpang check-in di Amerika sekaligus dapat ditentukan tempat duduknya untuk rute lanjutan Singapore-Bali. Dan karena check-in through dapat diberikan untuk penerbangan ini.
  • Status penerbangan lanjutan. Fasilitas check-in through akan mudah diberikan jika status penerbangan Anda adalah sama, artinya sama-sama penerbangan internasional atau sama-sama penerbangan domestik. Penerbangan Osaka Jakarta terdiri dari penerbangan internasional untuk rute Osaka-Denpasar dan rute domestik untuk Denpasar-Jakarta. Jika terjadi perbedaan rute, fasilitas check-in through masih mungkin diberikan  jika terdapat akses antara langsung (tidak harus keluar terminal) dari terminal internasional ke domestik namun tetap harus melalui pemeriksaan imigrasi di Ngurah Rai Airport. Penerbangan lanjutan oleh maskapai yang sama atau anggota aliansinya akan memudahkan pemberian fasilitas ini.
  • Penerbangan lanjutan menggunakan pesawat yang sama. Jika Anda masih menggunakan pesawat yang sama untuk penerbangan lanjutan maka fasilitas ini akan mudah diberikan, artinya bagasi Anda tidak perlu lagi dipindahkan ke pesawat lain. 

Jadi jangan ragu untuk menanyakan fasilitas ini jika terbang dan harus transit di suatu bandara sebelum sampai pada tujuan akhir. (foto diambil dari www.airliners.net)

38 thoughts on “Mengenal Check-in Through pada penerbangan lanjutan”

  1. mas mw tanya.. saya dr jakarta mau ke hongkong dengan SQ, transit di singapore. jakarta-singapore naik SQ957, singapore-hongkong SQ002.. waktu tansitnya kira2 5 jaman mas.. saya mw tanya, nanti saya di singapore harus chekin lagi gak mas, trus bagasi saya harus diambil dulu, apa diurus otomatis.. terimakasi

    1. Siska, kalau pakai SQ di Singapore tidak perlu checkin. Bahkan di Jkt sudah diberi borading pass sektor Singapore-Hongkong. bagasi otomastis ditransfer. Jangan lupa untuk periksa nomor gate-nya, siapa tahu ada perubahan

  2. Hi mas toto, saya kan ada rencana sama tmn kuliah jalan” dari medan ke jogja, begini, kami rencana beli tiket airasia KNO-JOG via KUL. Apakah transit di KUL itu memerlukan pasport? Kan ada sebagian yg gak punya pasport nih.. Mohon sarannya .. Thankyou.. Klw bs balas ke email jg gpp. perlu saran nih.. Hehehehe

    1. Kalau tiket fly-through tidak pakai passport, kalau tiket pisah2 perlu keluar imigrasi.
      Tapi kenapa harus transit di KL, ada yang direct tho. Lebih cepat dan gak repot

  3. Bulan lalu naik MAS, ho chi min city-kuala lumpur-medan transit di kuala lumpur cuma 1jam aja……semuanya aman-aman aja, tanpa pemeriksaan imigrasi.

  4. Mas toto,
    Saya ada penerbangan lanjutan medan-KL-labuan tggl 5 sept ini dengan MAH. Sayangnya waktu transit cuma 1 jam 10 menit. Saya sudah baca komen mas toto,kalau bagasi apabila tiket dipesan dalam satu kode buking akan diurus oleh pihak penerbangan,tp bagaimana dengan imigrasi di KL? Biasanya lama soalnya.apakah akan dapat prioritas?
    Apa airlines akan bertanggung jawab bila terjadi delay ato ada masalah keimigrasian sehingga tertinggal di penerbangan berikutnya?
    Terima kasih tanggapannya.
    Salam.

    1. Meirina, dugaan saya imigrasi akan ada di KL karena KL-Labuan sektor domestik. Airline sudah mempertimbangkan waktu transit ini, biasanya akan ada petugas yang menjemput. Jika ada keterlambatan tanggung jawab airline, asal tiket dalam 1 booking code.

  5. Hallo mas toto
    Saya kebetulan tgl 30 ini ke brisbane transit di sydney dg rute jkt-syd-brisbane begitu pun sebaliknya menggunakan qantas ,apakah bagasi yg saya bawa harus kita ambil sendiri atau sudah langsung ?

  6. Hi Mas Toto, saya mau nanya, saya membelikan mama saya tiket Garuda Airlines rute Makassar-Jakarta-Singapura dalam 1 kode booking melalui website Garuda Airlines, apakah bagasinya bisa mendapat fasilitas bagasi through-in dan apabila mendapatkan fasilitas bagasi through-in apakah bagasinya akan aman selama transit? waktu transit sekitar 1,5 jam, yang saya takutkan apabila bagasi mami saya tercecer di Jakarta karena perpindahan bagasi dari terminal domestik ke terminal international, tahu sendirikan resiko airport jakarta kayak gimana, rencana mami saya akan melanjutkan penerbangan dari singapura ke USA via Tokyo, menurut anda perlukan mamiku mengambil bagasi sendiri di Jakarta untuk memindahkan sendiri dari terminal domestik ke terminal international ataukah membiarkan Garuda yang akan memindahkan barang-barangnya?

    by the way, cerita tentang transit di Singapura, saya ingin menambahkan info mengenai penerbangan apabila ketibaan dan keberangkatan dengan terminal berbeda, apakah kita perlu melewati imigrasi dan mengambil bagasi kita, lalu selanjutnya melakukan check-in di terminal berbeda, saya katakan tidak perlu, ini contoh kasus mama saya, dia mempunyai penerbangan Garuda Airlines yang akan tiba di Singapura di terminal 3 dan dia mempunyai penerbangan lanjutan Malaysia Airlines yang akan berangkat dari terminal 2, dia tidak perlu keluar dari transit area terminal 3, lalu melewati imigrasi, mengambil bagasi dan berpindah terminal lalu melakukan check-in di counter Malaysia Airlines di luar transit area di terminal 2, tapi cukup caranya begitu tiba dichangi airport dia bisa langsung menaiki skytrain yang terdapat di transit area, dari terminal 3 menuju terminal 2 lalu mencari desk transfer lounge E di terminal 2 (dalam hal ini, desk transfer lounge yang mana yang mau dituju bisa melihat di website Changi Airport, karena tidak semua maspakai check-in di desk transfer lounge E), lalu melakukan check-in langsung di transfer lounge E, dan memberikan nomor bagasi dari Garuda Airlines kepada staff Malaysia Airlines, mereka akan menghubungi bagian yang mengurus bagasi untuk bisa melakukan perpindahan bagasi penumpang, dan kita akan mendapatkan boarding pass beserta nomor bagasi, jadi kita tidak akan repot untuk mengurus bagasi lagi, kenapa saya bisa tahu, karena saya sudah pernah bertanya langsung ke changi airport melalui email, dan mereka membalas email saya, ini merupakan fasilitas yang disediakan oleh bandara Changi, jadi apabila kejadian terjadi seperti mama saya, silahkan di coba🙂 semoga membantu🙂

    1. Hi Yanti,
      Karena tiket dalam satubooking code, maka bagasi sudah diurus oleh Garuda. Bahkan saat check-in di Makassar sudah diberikan boarding pass sektor CGK-SIN.Saya kira lebih baik dipercayakan ke Garuda, karena banyak penumpang internationalyg transit di Jakarta. Yang tidak boleh dilupakan adalah proses imigrasi nanti di Jakarta, bukan di Makassar.

      Info transit di Singapore menarik. Saya sarankan untuk menanyakan hal ini ke airline lanjutan sebelum terbang, apakah ada fasilitas transfer desk atau tidak.

  7. Om Toto,
    Bulan dpn sy ke Belanda dari Denpasar dengan MH. Transit di KL.
    Tiket sdh DPS-KL, KL-AMS.
    Sampai di KL, turun pesawat langsung mencari boarding gate kan untuk KL-AMS. Tanpa harus imigrasi dan urus bagasi lagi?
    Karena dr DPS sdh 2 boarding pass.

    1. Yoga, kalau sudah ada 2 boarding pass dariDPS kemungkinan besar initiket terusan.langsung nyari gate lanjutan untuk KUL-AMS

  8. Sy liat ada penawaran menarik (sekalian iseng mau coba) ada penerbangan ke Bangkok via Perth naik air asia n jet star. Krn wkt transit lama (lebih dari 5 jam) juga ganti airline sptnya hrs via imigrasi…krn ada pesan hrs ambil bagasi dan proses check in. Pertanyaannya adalah apakah unt transit ini kita harus punya visa aussie? Krn tentunya pengambilan bagasi hrs lwtin pintu imigrasi dulu

    1. Yudhistira,
      kalau tiket terusan(satu alirline atau ada kerjasama code-share) tidak perlu keluar imigrasi,tentu saja tidakperlu visa.
      Tapi kalau tiket satuan maka perlu lewat imigrasi dan untuk itu perlu visa

  9. Saya pernah alami hal tersebut wkt mau ke Melbourne dr Jkt naik Qantas, transit di Sydney dan hrs lwt imigrasi… wkt itu sy agak repot di imigrasi krn sblm sy ada bbrp orang (India) yg dicurigai ke Aussie sbg imigran gelap… akibatnya sy ikut kena imbasnya… mrk ga bs diajak kompromi apalg koper sy bw naik ke kabin (krn tau hrs transit)… akhirnya setelah koper dan isi kantong di bongkar serta mrk liat tiket balik saya, saya dilepas (stamp in) 10 menit sblm pswt terbang….

  10. Halo Mas Toto, salam kenal..
    Saya mau bertanya perihal connecting flight, saya agak ngeri juga dengan waktu transfer 1 jam 40 menit di bandara changi.. Ini adalah pengalam pertama saya ke luar negeri jd masih nyari informasi.. Saya kemarin beli tiket Jakarta-Mumbai transit di singapur ..jakarta ke singapur pakai Garuda trus ke singapur-mumbai naik Jet Airways.. Dengan dua nomor booking berbeda..
    1. Saat checkin di nnti apakah saya lansung dapat boarding pass singapura-mumbai juga? Nanti saat tiba di bandara changi apa saya harus check in lagi?
    2. Bagaimana dengan bagasi saya? Apa otomatis dipindahkan ke pesawat berikutnya?
    3. Apa saya harus melapor lagi ke bagian imigrasi sebelum berangkat ke Mumbai?
    4. Menurut mas Toto apakah dengan jeda 1 jam 40 menit transit itu aman?

    mohon pencerahannya Mas Toto, maaf banyak nanya.. Takut tersesat soalnya di Bandara Changi hehehe😀 makasih

    1. Faradilah,
      Sebenarnya GA & Jet Airways punya kerja sama code-share, yang memungkinkan tiket Jakarta-Mumbai beli dari Garuda meskipun pesawat yg dipakai GA dan Jet Airways. jika pakai tiket model ini, semuanya akan diurus otomatis.

      Untuk kasus ini :
      1. Di Changi harus checkin lagi, yg sebelumnya perlu ambil bagasi, imigrasi dll,
      2. Bagasi tidak dipindahkan otomatis
      3. Perlu keluar masuk imigrasi lagi.
      4. 1 jam 40 menit sangat beresiko.

      Saran saya, geser jadwal lbh awal untuk Jakarta-Singapore. GA ada 10x ke Singapore, mungkin akan ada biaya.

  11. Hi Mas Toto,
    Saya mau beli garuda connecting ticket Perth-Semarang, transit di ngurah rai 1,5jam. Kira2 1,5 jam cukup ngga utk cek bagasi di imigarasi ngurah rai? Atau cek bagasinya di Semarang? Apa saya ganti jadwal aja ya? Mohon pencerahan. Thx

    1. Hi Ahmad,
      Saya asumsikan beli tiket terusan. Saat beli tiket di web hanya memasukkan Semarang dgn tujuan Perth. Garuda akan menambilkan berbagai pilihan.
      Apapun pilihan sudah mempertimbangkan waktu yg diperlukan untuk transit. Yg perlu ditanyakan adalah apakah bagasi langsung ditransfer atau harus diambil sendiri

      1. Saya sekarang di Perth dan rencana mau balik ke semarang menggunakan tiket terusan Perth-Smg transit denpasar. Jika bagasi saya harus diperiksa di bali, logikanya sih Garuda sdh mempertimbangkan waktu jeda ya mas? Kan tiket terusan? Masalahnya bawaan saya banyak, agak ngeri juga jika tas saya harus dibongkar2 di bali dg jeda waktu 1,5jam?

      2. Hi Ahmad,
        Garuda pasti sudah mempertimbangkan ini. Anda ada keterlambatan Garuda akan mencarikan solusinya.
        Saat check-in di Perth tanyakan apakah bagasi langsung ditransfer atau ambil sendiri.
        Januari lalu saat saya transit dari Melbourne, bagasi masih perlu ambil sendiri. Tapi sekarang semua terminal di Ngurah Rai sudah selesai renovasi, transit bisa lebih cepat.

  12. mas toto,
    kalo kita penerbangan domestik medan- jogja transit di singapura via garuda apa perlu harus punya paspor ma visa gak?

    1. Abenk, saya ragu Garuda ada rute transit ini. Namun jika pakai Mandala, karena tidak keluar bandara, juga tidak melewati imigrasi maka tidak perlu pakai passport.

  13. Hii mas Toto pa kabar ?
    Mas satu lagi yang saya mo tanyakan, biasanya klo kita mo turun kan dikasih 1 kertas untuk diisi sebelum mendarat kecuali yg transit. nah klo saya kan harus turun dulu keluar lewat imigrasi baru ke terminal 1 dari terminal 3 apakah saya harus ttp mengisi kertas tersebut ato tidak apabila harus mengisi apa yang harus saya katakan pada pihak imigrasi singapore nanti? mksh infonya Yoesi…

  14. Mas Toto yang terhormat
    saya akan berencana pergi ke dubai lewat singapore krn lebih murah. yang saya akan tanyakan dari jakarta saya menggunakan GA dan menurut informasi GA berada diterminal 3 sedangkan emirates di terminal 1, apakah nanti saya harus keluar dulu melewati pemeriksaan imigrasi dari terminal 3 menuju terminal 1 mohon informasinya makasih…. Yoesi

    1. Hi Yoesi, Karena tidak menggunakan tiket terusan (GA & Emirates tidak kerjasama code-share), maka setiba di Singapore harus melewati pemeriksaan imigrasi, kemudian ambil bagasi, pindah ke Terminal 1, terus check in, masuk imigrasi lagi. Saya kira ini akan ribet dan berisiko ketinggalan pesawat jika tidak cukup waktu transfer. Jakarta-Dubai diterbangi Emirates lebih dari 1 flight dan langsung. Saya saranankan jika hanya beda sedikit lebih baik ambil yang direct.

    2. Makasih mas Toto atas infonya dan sangat membantu sekali insha Allah saya cukup waktu karena saya orang type suka dibandara lebih lama makin betah aj hehehe… satu lagi mas Toto untuk menuju terminal 1 kita bisa naik apa ya? mksh…

  15. sore mas,
    saya mau ke hongkong via singapore by jetstar. sampai di singapore pagi dan mau sightseeing dl baru lanjut penerbangan lg malamnya. dan pulangnya saya via kl by AA jg mau shightseeing dl, jika seperti itu apa saya harus check in lg? ini pertama saya transit di LN dalam waktu lama.
    Tks

    1. Ririn,
      Untuk Jetstar biasanya pakai tiket terusan, sudah tidak perlu check-in lagi di Singapore. Untuk baliknya jika tiketnya Fly Thru perlakukannya sama dgn yg di Singapore

  16. Tanggal 28 juni ini saya akan pergi ke brisbane dari jakarta, mengunakan pesawat garuda dan qantas, transit di singapore , apakah saya harus check in lagi dan mengambil bagasi saya? bisa ga kalo langsung di direct in?

    1. Renaldy, jika tiket Jakarta-Singapore-Brisbane dikeluarkan dalam 1 tiket saja maka biasanya check-in throu (gak perlu urus bagasi & check-in ulang). Tapi jika 2 tiket terpisah maka harus urus bagasi dan check-in lagi. Untuk memastikan coba amati tiketnya dan tanyakan ke travel jika beli dari travel.

      1. saya beli nya langsung dari website nya qantas.. adanya cuma transit di singapura.. , Thanks for the info..🙂

  17. misal, saya pergi k US pke united airlines, tp sy brngkat dr jakarta-singapore menggunakan SQ, apa itu termasuk faslitas check-in trough? trus d changi airport apa saya perlu check in ulang tuk p’nerbangan ljutan dg UA ?

    1. Dear Swas,
      SQ dan United Airlines merp anggota Star Alliance. Pertanyaannya adalah apakah CGK-SIN dan SIN-USA dalam satu tiket? Jika ya, biasanya mereka memberikan check-in through. Tetapi jika tiket terpisah maka di Changi harus check-in lagi termasuk urus bagasi. Tolong dipastikan tiketnya dulu dan tanyakan ke petugas reservasi sebelum beli tiket. Biasanya jika terbang ke USA dan kotanya tidak diterbangi SQ maka pengaturannya adalah CGK-SIN dan SIN-USA pakai SQ sementara penerbangan domestik USA lanjutan menggunakan United. Semoga lebih jelas

  18. Mas Toto,
    Apakah petugas airline selalu memberi informasi ttg fasilitas check-in through ini? Apa kita yang harus nanyain? Thx

    1. Halo Zen,
      Sebaiknya memang harus ditanyakan dulu. Apalagi kalau beli tiket online, info seperti ini tidak dicantumkan. Nah, kalau belinya via travel mereka biasanya punya informasi lebih lengkap.

Leave a Reply

