Serba serbi membeli tiket pesawat online melalui internet

Air Asia ScreenDulu, terkadang kita harus merasa repot untuk memesan tiket pesawat. Kini jaman telah berganti. Kehadiran internet telah banyak merubah berbagai sendi kehidupan. Begitu juga dalam memesan tiket pesawat.  Kecepatan dan kemudahan membuat pemesanan tiket melalui internet makin diminati, apalagi merencanakan perjalanan kini sudah menjadi domain personal. Dan memesan tiket via internet menjadikan privasi rencana perjalanan sangat terjaga.

Kendati pemesanan tiket online sudah dikenalkan maskapai di luar negeri sejak kehadiran internet, tapi nyatanya di Indonesia kehadirannya baru benar-benar dirasakan saat Air Asia menjadikan internet sebagai cara utama pemesanan tiketnya. Kini hampir semua maskapai Indonesia menyediakan fasilitas pemesanan online ini. Tapi mengapa masih banyak yang ragu?

Keraguan ini biasanya didasarkan pada alasan keamanan transaksi, karena pembayaran biasanya dilakukan dengan kartu kredit. Keraguan juga dirasakan oleh pengguna yang masih gagap teknologi, yang mengarah kekuatiran akan menghadapi kesulitan jika terjadi sesuatu. Nah untuk mengurangi keraguan itu, ada baiknya mengenal karakteristik transaksi melalui serba-serbi berikut :

  • Semua airline yang menyediakan fasilitas pemesanan online sudah melengkapi situsnya dengan standar sekuriti minimal yang dipersyaratkan.
  • Kendati membeli tiket melalui internet, Anda masih dapat menghubungi layanan contact center jika terjadi sesuatu atas tiket Anda.
  • Verifikasi pembayaran dilakukan dengan standar sekuriti penerbit kartu (seperti Visa & Master). Beberapa informasi kartu kredit adalah sangat rahasia dan harus tetap dijaga kerahasiannya oleh pemegang kartu. Informasi penting itu adalah CVV atau CID Number yakni 3 digit angka di balik kartu kredit Anda.
  • Pada beberapa airline harga tiket online bisa lebih murah dibandingkan jika membeli melalui agen perjalanan atau kantor perwakilan airline.

Pengalaman saya membeli tiket melalui beberapa situs airline mendapati bahwa standar keamanan minimal transaksi telah ada pada situs-situsnya. Namun situs-situs itu menyediakan fasilitas yang sangat beragam, dan ini yang berpengaruh pada kenyamanan dan kepuasan transaksi online. Tabel berikut adalah komparasi sederhana situs-situs pemesanan tiket online. Informasi didasarkan pada persepsi dan pengalamanan pribadi.

Ticket Online Comparation

Dari beberapa situs tersebut saya menempatkan Air Asia menjadi situs terbaik dalam layanan pemesanan onlinenya. Keunggulannya adalah kecepatan akses, kemudahan transaksi, keragaman fasilitas, dan promo-promo yang luar biasa sering.

Berikut adalah tips singkat dalam melakukan pemesanan online.

  • Usahakan menjadi member terlebih dulu. Proses transaksi jauh lebih singkat jika Anda login terlebih dulu karena Anda tidak perlu memasukkan banyak data pada transaksi Anda.
  • Rencanakan terlebih dulu perjalanan Anda (tanggal keberangkatan dan kembali), ini akan mempersingkat waktu pencarian tiket.
  • Siapkan data-data penumpang, yakni nama sesuai identitas, tanggal lahir, nomor identitas. Bawa serta kartu identitas Anda saat check-in. Beberapa airline tidak menyertakan pembukuan online untuk bayi. Karena bayi tidak membutuhkan bangku sendiri, Anda bisa memesan tiket dewasa terlebih dulu dan menghubungi contact center atau layanan ticketing bandara untuk penumpang bayi.
  • Siapkan data kartu kredit. Disamping nomor kartu, CCV dan alamat tagihan harus disiapkan. Alamat tagihan usahakan sama persis seperti yang tercetak di tagihan Anda. Keakuratan data alamat ini akan menjadikan proses verifikasi pembayaran menjadi singkat. Data CCV adalah informasi sangat rahasia, amankan data ini dan jangan pernah memberikan foto copy kartu kredit bolak-balik. Jika data kartu kredit yang dimasukkan akurat proses verifikasi memakan waktu tidak sampai 2 menit, bahkan saya pernah membeli tiket Citilink dengan verifikasi cuma 30 detik.
  • Gunakan alamat email yang sering digunakan. Email ini biasanya digunakan untuk mengirimkan electronic ticket Anda (itenarary). Anda juga akan mendapatkan informasi promo melalui email ini.
  • Gunakan nomor telepon yang selalu digunakan, disarankan untuk mencantumkan nomor HP Anda. Nomor ini sangat penting karena airline akan mengirimkan pemberitahuan terkait tiket Anda. Pemberitahuan ini biasanya berupa informasi kelambatan penerbangan, pembatalan penerbangan atau informasi lainnya.

Nah dengan mengenali karakter transaksinya, Anda akan banyak memetik manfaat dan kemudahan dari pembelian tiket online sekaligus dapat mengurangi risikonya.

Artikel terkait :

Jika Anda memiliki pengalaman unik saat memesan tiket online, silakan tinggalkan pesan untuk berbagi dengan yang dengan lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s