Lebaran makin dekat, saatnya menyiapkan tiket lebaran

Garuda A330-200-newLebaran memang masih 45 hari lagi, bulan puasapun masih beberapa minggu ke depan. Dan biasanya, lebaran merupakan momen penting buat kaum muslim. Setelah berpuasa sebulan, merayakan kemenangan di hari Lebaran biasanya diisi dengan saling berkunjung untuk menjalin silaturahim. Tradisi Indonesia, lebaran biasanya dijadikan momentum untuk bertemu sanak keluarga dan pulang kampung atau identik dengan mudik. Mudik inilah yang menjadikan pergerakan manusia menjadi teramat sangat padat di hari-hari jelang, selama dan sesudah lebaran. Jika Anda akan mudik ke luar kota dan harus menggunakan moda tranportasi pesawat udara sebaiknya menyiapkannya jauh-jauh hari. Bahkan mungkin saat ini sudah sedikit terlambat.

Lebaran bagi semua

Lebaran AnakKeputusan pemerintah untuk memberlakukan libur nasional saat lebaran, membuat lebaran bukan lagi milik kaum muslim. Libur lebaran juga sayang dilewatkan begitu saja bagi masyarakat yang tidak merayakan lebaran sekalipun. Inilah yang menjadikan pergerakan orang saat lebaran makin menjadi-jadi. Dapat dipastikan tempat-tempat wisata populer akan sangat padat, dan tentu saja mencari tiket bukan perkara yang mudah.

Berharap pada penerbangan ekstra

Pantauan website airline, tiket-tiket menjelang dan paska lebaran beberapa rute sudah hampir habis. Per 5 Agustus 2009, tiket Garuda Jakarta-Bali tinggal menyisakan tiket termahal untuk tanggal 18 September 2009. Begitu juga dengan Air Asia, Lion Air, Batavia dan Sriwijaya. Bahkan tiket ekonomi Mandala tanggal tersebut telah habis untuk penerbangan langsung. Hampir pada semua airline hanya menyisakan tiket ekonomi dengan harga penuh (full fare Y Class) atau kelas bisnis. Masyarakat kini tampaknya sudah makin terbiasa untuk merencanakan perjalanan jauh-jauh hari, apalagi untuk keperluan lebaran yang jadwalnya hampir pasti. Nah jika Anda saat ini belum memegang tiket untuk lebaran, buruan untuk segera memesan. Semakin dekat lebaran ketersediaan tiket juga makin sedikit. Namun, jika saat dekat lebaran tiket juga belum di tangan, Anda tidak usah berkecil hati. Airline biasanya membuka penerbangan  ekstra untuk rute-rute padat. Penerbangan tambahan ini biasanya diumumkan pertengahan puasa. Sangat disarankan untuk terus memantau website airline atau biro perjalanan Anda.

Memesan Kamar hotel

Bagaimana dengan kamar hotel? Setali tiga uang. Fenomena kamar hotel saat lebaran beberapa tahun lalu menunjukkan bahwa hotel-hotel pada kawasan wisata sudah terpesan beberapa bulan sebelumnya. Kawasan seperti Bali, Jogja, Anyer dipastikan akan dipenuhi pengunjung selama libur lebaran ini. Seperti halnya tiket pesawat, sebaiknya Anda memesan kamar hotel secepatnya jika ingin berlibur lebaran di tempat-tepat wisata. Oh ya, hotel biasanya mengenakan surcharge selama lebaran, jadi dipastikan tarif kamar hotel akan lebih mahal dibandingkan hari-hari biasa. Masih berdasarkan pengalaman lalu, untuk kawasan kota besar, seperti Jakarta & Surabaya, mencari kamar hotel relatif tidak sesulit di daerah wisata.

Kalau Anda belum memegang tiket untuk keperluan lebaran atau berencana memanfaatkan libur lebaran, sekarang saatnya untuk segera memesannya.

Artikel Terkait :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s