Inilah pantai Kuta Bali, 2 hari setelah bom Marriot

Kuta Beach 2Bom menyisakan trauma untuk Bali. Bom Bali-1 dan Bali-2 telah meninggalkan luka bagi korban dan pelaku industri. Diperlukan waktu lama untuk menepis mimpi buruk itu. Disaat trauma itu menipis, aksi teror bom kembali menimpa Indonesia. Kali ini bukan di Bali tapi di Jakarta, tetapi gaungnya tersebar seantero jagad. Kendati di Jakarta, diyakini terdapat pengaruh bom Marriot itu terhadap pelancong yang akan datang ke Bali. Dan inilah potret Bali, khususnya pantai Kuta, 2 hari paska ledakan bom Marriot Jakarta. Foto diambil dipantai Kuta sisi utara disaat cuaca cerah dan matahari  bersinar begitu teriknya.

 

Minggu siang itu pantai Kuta tampak seperti biasa, masih banyak turis berjemur menikmati matahari Bali. Hari itu memang berada pada musim turis datang, dan kebetulan berbarengan dengan libur long weekend di Indonesia. Seperti biasa pantai Kuta di sisi selatan, depan Hard Rock Cafe, lebih banyak didominasi turis lokal sedang turis asing lebih dominan di sisi utara dekat Pullman Hotel. Sepintas memang tidak terlihat kesan ketakutan akan bom, semua berjalan normal. Pantai Kuta bahkan makin padat jelang sunset tiba.

Masih terlihat canda gurau turis asing di sana. Penjual minuman dan penyewa alat surfing juga masih tampak semangat. Kuta memang dari dulu terkenal kedekatan antara turis dan pedagang-pedagangnya. Beberapa dari mereka asyik bermain catur dengan pedagang minuman, beberapa lainnya bermain bola dengan anak-anak pantai. Pedagang-pedagang itu juga tidak mengeluhkan sepi pengunjung terkait bom Marriot ini. Hanya yang tersirat dari mereka adalah harapan agar tidak ada lagi bom meledak dimanapun. Hidup mereka bertumpu dari pantai ini.

Sedikit bergeser ke selatan, tepatnya di belakang Discovery Shopping Mall. Pantai yang dulunya relatif sepi ini juga padat pengunjung. Sore hingga malam hari masih banyak orang menikmati pantai. Black Canyon Cafe, berada di Discovery Shopping Mall sisi belakang, bahkan tidak menyisakan kursi kosong. Ocean 27 Cafe yang berada di dekat pantai juga lumayan ramai. Meskipun tidak even khusus, pengunjung mall cukup padat bercampur antara turis asing dan lokal.

Akankah ini pertanda bahwa trauma bom sudah tidak lagi memengaruhi para turis? Ataukah hanya karena lagi musim liburan. Mungkin jawabannya akan sedikit jelas pada 1  hingga 3 bulan ke depan dan dapat terlihat jika ada pembatalan kunjungan yang signifikan. Bravo Bali, my paradise.

Artikel terkait :

Malam minggu di Kuta, sehari paska bom Marriot

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s