Kenali dulu istilahnya sebelum memesan kamar hotel

by

in
Pan Pacific Tanah Lot Bali
Pan Pacific Tanah Lot Bali

Suatu saat saya mendapati tamu hotel bersitegang dengan petugas hotel. Sang tamu merasa seharusnya mendapatkan kamar dengan 2 tempat tidur, tetapi yang didapat adalah kamar dengan 1 tempat tidur besar. Petugas hotel merasa telah menyiapkan kamar sesuai dengan permintaan saat reservasi. Telisik punya telisik, ternyata sebenarnya tamu menginginkan kamar dengan 2 tempat tidur tetapi salah sebut dengan double bed. Padahal double bed diartikan sebagai 1 tempat tidur besar yang dapat dipakai 2 orang, beberapa orang menyebut king-size. Gambar di atas adalah contoh kamar dengan double-bed di Pan-Pacific Tabanan Bali. Salah sebut ini tidak akan menjadi masalah jika saat itu masih tersedia kamar dengan 2 bed untuk kelas kamar yang sama. Tapi bagaimana jika semua kamar terisi penuh? Nah, untuk menghindari kesalahan seperti itu, ada baiknya akan mengenali istilah-istilah yang lazim digunakan di industri perhotelan.

  1. Jenis Kamar. Kamar hotel biasanya dibagi dalam beberapa jenis menurut ukuran ruangannya. Kamar paling kecil biasanya disebut standard-room, superior, deluxe, suite dan presidential. Tidak ada ukuran baku pada setiap jenis kamar ini pada tiap-tiap hotel, tapi biasanya ukuran kamar tidak jauh berbeda untuk kelas yang sama pada hotel dengan bintang yang sama. Kamar superior di semua hotel bintang 5 memiliki ukuran yang hampir sama, tapi kamar superior di hotel bintang 3 bisa jadi memiliki ukuran yang lebih kecil.
  2. Tempat tidur (bed). Biasanya dikenal sebagai double-bed dan twin bed. Double bed adalah 1 tempat tidur besar dapat dipakai berdua, biasa disebut juga king-size. Sedangkan pada kamar twin-bed akan terdapat 2 tempat tidur dengan ukuran lebih kecil (cukup 1 orang).Twin Bed Surabaya Plaza
  3. Kamar mandi. Biasanya tersedia bath-tub atau shower. Untuk hotel dengan rating bintang 4 & 5 bath-tub adalah keharusan. Untuk bintang di bawahnya hanya disediakan shower.
  4. Rate. Terdapat beberapa istilah rate hotel, ada rack-rate/publish rate, ada promo rate. Rack Rate/publish rate adalah tarif resmi hotel, namun dalam praktiknya tarif yang diberlakukan di bawah publish rate. Sebaiknya ditanyakan juga apakah sudah nett atau ++. Tarif nett berarti Anda hanya membayar sejumlah tarif tersebut. Sedangkan ++ berarti tarif tersebut masih harus ditambahkan pajak dan service yang besarnya untuk Indonesia adalah 21%, dan bisa berbeda-beda  untuk hotel di luar negeri.
  5. Block-out Date. Jika Anda memesan kamar online istilah ini sering digunakan untuk menandakan tanggal-tanggal tertentu dimana kamar tidak bisa dipesan melalui online atau travel biro.
  6. High/Peak Season Surcharge. Tarif kamar biasanya ditentukan 6 bulan atau 1 tahun sebelumnya. Untuk kondisi ramai tamu biasanya hotel mengenakan biaya tambahan sebesar nilai tertentu. High season surcharge ini biasanya ditambahkan saat libur sekolah. Sedangkan Peak season surcharge dikenakan saat libur lebaran, atau tahun baru.
  7. Breakfast. Saat pemesanan kamar sebaiknya ditanyakan apakah harga termasuk dengan sarapan dan untuk berapa orang. Kode R/O atau Room Only merupakan penanda bahwa harga kamar tidak termasuk sarapan. Sarapan biasanya disajikan buffet (prasmanan) tetapi untuk hotel kecil biasanya disajikan pilihan menu paket.
  8. Check-in Time & Late Check-out Time. Check-in Time adalah jam dimana tamu sudah diperbolehkan melakukan checkin. Check-in time ini juga bervariasi dan sangat situasional, artinya di saat banyak kamar kosong Anda masih dimungkinkan check-in jam 9 pagi. Check-in time rata-rata adalah antara jam mulai jam 1 atau 2 siang. Check-out time adalah jam dimana Anda sudah harus meninggalkan hotel di hari terakhir menginap. Biasanya berkisar jam 11 s/d 12 siang. Seperti halnya check-in time, check-out time juga situasional dan tergantung kebijakan masing-masing hotel. Bahkan beberapa hotel masih memberi kelonggaran late check-out hingga 3 sore. Tapi jika semua kamar sudah terpesan maka Anda harus segera bergegas check-out sesuai batas waktu. Dan yang terpenting adalah jam berapapun Anda check-in, jam check-outnya tetap tidak berubah. Check-in jam 10 malam, jam check-outnya tetap jam 11 atau 12 keesokan hari. Baca juga : Tanya Jawab : Check-in & Check-out
  9. Walk-In guest. Adalah tamu-tamu yang langsung datang ke hotel tanpa reservasi sebelumnya. Hotel biasanya memberikan tarif normal untuk tamu langsung ini. Namun jika beruntung Anda malah akan mendapatkan tarif kamar lebih murah, terutama jika hotel dalam kondisi sepi tamu.

Kebanyakan hotel memiliki lebih satu jenis kamar, dengan pembeda luas dan fasilitasnya. Anda juga perlu tahu jenis-jenis kamar yang biasanya digunakan di hotel :

  • Single Room. Inilah jenis kamar yang ditujuan hanya untuk satu orang. Berisi satu tempat tidur kecil seukuran tempat tidur twin. Tidak semua hotel menyediakan kamar jenis ini, biasanya hanya ada di budget hotel. Jika menginap sendiri Anda akan lebih hemat jika pilih kamar ini, harga lebih murah dibanding standard room.
  • Standard Room. Inilah jenis kamar dengan ukuran paling kecil dengan fasilitas terbatas. Biasanya hanya berisi tempat tidur, kamar mandi dengan shower, sepasang kursi dan meja kecil, TV, dan meja rias kecil.
  • Run of House (ROH). Kamar jenis ini bisa diartikan kamar terakhir yang tersedia. Kamar jenis ini memiliki view paling tidak menarik, jauh dari fasilitas hotel. Kamar ROH biasanya ditawarkan dengan harga paling murah.
  • Superior Room. Kamar ini berukuran di atas Standard Room. Kamar mandi lebih luas dan biasanya sudah dilengkapi dengan bath-up. Disamping fasilitas yang ada di kamar standar, beberapa hotel masih menambahkan sofa, meja rias, pengering rambut, mesin pembuat kopi.
  • Deluxe Room. Dibandingkan Superior Room, kamar jenis ini hanya sedikit lebih luas dan fasilitasnya cenderung sama dengan Superior Room.
  • Suite. Yang membedakan kamar ini adalah adanya ruangan lain disamping kamar tidur dan kamar mandi. Ruangan lain ini seperti ruang tamu dengan beberapa kursi atau sofa. Nah karena ada ruang tambahan ini maka luas kamar lebih besar dibandingkan Superior/Deluxe Room. Beberapa hotel masih membagi lagi Suite Room menjadi Junior Suite, Business Suite atau Executive Suite.
  • Presidential. Inilah kamar terluas dibandingkan dengan jenis kamar lainnya. Pada dasarnya ini masuk kategori Suite Room dengan luas dan fasilitas paling lengkap. Kamar jenis ini hampir menyerupai rumah. Tidak semua hotel memiliki kamar jenis ini, hanya hotel-hotel mewah bintang 5 yang menyediakannya, itupun hanya beberapa unit saja. Beberapa hotel menempatkan Presidential Suitenya dekat dengan fasilitas pendaratan helikopter (helipad) dan memiliki pemenadangan terbaik yang dimiliki hotel.
  • Connecting rooms. Dua atau lebih kamar yang memiliki akses (pintu) satu sama lain, sehingga penghuni kamar tidak perlu keluar koridor untuk memasuki kamar sebelahnya.
  • Adjoining Rooms. Kamar yang terletak bersebelahan tanpa dihubungkan pintu (connecting door) di antara kamar.

Selain hotel juga dikenal istilah-istilah penginapan lainnya, yang biasanya dibedakan karena konsep penginapannya, lokasi :

  • Guest House, sesuai namanya tempat ini menyerupai rumah dengan beberapa kamar. Beberapa kamar disewakan dengan penggunaan bersama untuk dapur, ruang tamu dan ruang-ruang lainnya. Pemilik rumah ada juga yang tinggal disini.
  • Villa atau Cottage. Secara fisik sebenarnya merupakan hotel dengan beberapa rumah dalam satu kawasan. Bangunan rumah terpisah dari unit lainnya. Lokasinya biasanya tidak berada di kawasan padat. Biasnya menawarkan suasana yang lebih tenang. Layanan kamar disediakan seperti halnya hotel, bahkan untuk villa mewah disediakan petugas tersendiri untuk tiap-tiap unit villa.
  • Homestay. Sebenarnya mirip dengan guest-house hanya biasanya pemilik rumah tinggak bersama tamu. Homestay biasanya dimiliki pribadi.
  • Inn/Lodge. Merupakan penginapan sederhana dan terletak dipinggir kota atau tempat transit. Tidak menyediakan banyak fasilitas.
  • Bed & Breakfast (b&b). Adalah hotel dengan fasilitas hanyalah untuk tidur dan sarapan saja. Istilah ini masih kurang populer di Indonesia tetapi di luar negeri sudah banyak digunakan.
  • Budget Hotel. Adalah hotel dengan fasilitas terbatas dan biasanya berada di tengah kota.
  • Hostel. Hotel sederhana yang biasanya digunakan tamu rombongan. Satu kamar bisa diisi 4 orang bahkan lebih. Fasilitasnya sederhana dengan kamar mandi biasanya di luar kamar. Hostel ini yang biasanya digunakan untuk rombongan study-tour.
  • Dormitory/Barak. Penginapan jenis ini biasanya terdiri dari ruangan besar dengan banyak tempat tidur, bahkan bertingkat. Tamu akan berbagi fasilitas, baik kamar mandi, TV. Jika memesan kamar jenis dorm/barak dihitung berdasarkan jumlah orang bukan per kamar lagi. Dormitory ini sangat diminati oleh para backpackers karena biaya inap yang murah.

Agar mendapatkan layanan maksimal Anda juga perlu mengenali tugas pegawai .

  • Resepsionis. Karyawan hotel ini melayani tamu untuk check-in maupun check-out. Untuk hotel besar resepsionis bekerja 24 jam dengan 2 atau 3 shift.
  • Concierge. Karyawan hotel yang memiliki tugas dasar sebagai penghubung tamu dengan hotel terutama terkait fasilitas, pelayanan, dan kegiatan. Concierge mudah dijumpai di area pintu masuk.
  • Doorman. Karyawan yang bertugas membuka dan menutup pintu masuk hotel.

Dengan mengenali istilah-istilahnya kejadian salah kamar bisa dihindarkan. Istilah-istilah itu juga biasa digunakan jika memesan kamar hotel melalui travel online. Happy Check-In.

Artikel Rekomendasi Barang hotel gratis dan boleh dibawa pulang

Rekomendasi artikel lainnya:

  1. Mau Bersantap di hotel?  Kenali juga istilah-istilahnya
  2. Tips memesan kamar hotel via travel online (Agoda, Booking.com, Asiarooms)
  3. Memesan kamar hotel via Agoda, Booking.com atau AsiaRooms?
  4. Mengapa banyak hotel harus berganti nama?
  5. Tips menginap di budget hotel

Ingin update artikel terbaru? Silakan klik di sini


Komentar

46 tanggapan untuk “Kenali dulu istilahnya sebelum memesan kamar hotel”

  1. […] Kenali dulu istilahnya sebelum memesan kamar hotel […]

  2. […] Kenali dulu istilahnya sebelum memesan kamar hotel untuk desain pintu kamar mandi hotel , sumber gambar : jalanlagi.info […]

  3. […] dulu istilahnya sebelum memesan kamar hotel untuk desain kamar anak berdua , sumber gambar : jalanlagi.info Hotel di The Reef House Palm Cove MGallery by Sofitel – The Reef untuk desain kamar anak berdua […]

  4. Iren Avatar
    Iren

    Jika hotel menerapkan. Chek in 14.00
    Chek out 00.00
    Apa itu arti nya chek out bisa smpain kam 00.00 esok hari.
    Atau jam 00.00 pada hari itu juga. Dengan rentan waktu 10 jam.
    ( pada hotel emerlad medan )

  5. […] pengunjung bukan artikel dengan tema berat, tetapi tulisan ringan berupa panduan, seperti tulisan Kenali dulu istilahnya sebelum memesan kamar hotel […]

  6. ijin share di blog saya ya pak, akan saya cantumkan sumbernya. salam

  7. Terima kasih untuk informasinya, tidak keliru lagi kami memberikan nama2 di hotel kami.

    1. Saya buka websitenya, keren Pak. Kebetulan lagi cari-cari info Rinjani, pas nulis artikel di ini

      https://jalanlagi.info/2018/05/20/selamat-rinjani-ciletuh-diakui-sebagai-unesco-global-geopark/

  8. maria fransiska Avatar
    maria fransiska

    Pak, saya mau tnya saya kan booking hotel lewat booking.com, ada jam check in dri jam 3 sore hingga jam 6 mlem. Apabila saya datang lebih lambat skitar jam 10 malam, apakah nanti di cancel oleh pihak hotel atau gimana?

    1. Maria,
      Jika datang lbh lambat, perlu diinfokan ke pihak hotel terlebih dulu. Mereka tetap akan reserve kamar

  9. tara Avatar
    tara

    ada ga hotel di kuala lumpur yg dekat bandara KLIA yg bisa checkin jm12 malam check out jam 9 pagi pd hari yg sama?

    1. Tara, coba Tune Hotels

Tinggalkan Balasan ke Toto Batalkan balasan