Thailand punya Amazing Thailand, Malaysia populer dengan Truly Asia. Indonesia?

amazing_thaiSparkling Surabaya2Pernah dengar ‘Truly Asia’? Tidak salah kalau Anda langsung teringat Malaysia. ‘Truly Asia’ memang tagline Malaysia dalam promo-promo wisatanya. Slogan ini selalu muncul di iklan-iklan TV & koran internasional, juga koran nasional kita. Negara tentangga lainnya, Thailand, mengusung tagline  ‘Amazing Thailand’. Kalau Anda rajin nonton tayangan langsung tennis Wimbledon, tagline Thailand ini sangat sering muncul di iklan Thai Airways. Demikian juga dengan Singapore, meskipun tidak terlalu populer, Singapore juga memiliki tagline yakni ‘The New Asia’. Bagaimana dengan Indonesia?

Kalau saya sebut ‘The Ultimate in Diversity’, dipastikan akan banyak yang tidak mengenalnya, bahkan untuk orang Indonesia sendiri. Padahal itulah tagline resmi Indonesia untuk industri wisatanya. Mengapa ‘The Ultimate in Diversity’ tidak sepopuler ‘Truly Asia’ atau ‘Amazing Thailand’? Ini lebih banyak disebabkan minimnya penggunaan tagline ini pada promo-promo wisata kita. Beberapa kali saya pernah melihat iklan wisata kita pada jaringan TV Internasional, hanya saja intensitasnya tidak sesering tetangga kita itu.

Sejatinya, untuk urusan slogan, Indonesia sudah terbiasa menggunakannya. Bahkan setiap kota/kabupaten memiliki slogan masing-masing. Slogan-slogan itu biasanya digunakan untuk pencitraan suatu kota dan belum mengarah untuk media promosi wisata. Tapi sekarang beberapa kota serius mencari slogan untuk kotanya dan sebagai sarana wisatanya. Dari sedikit kota itu diantaranya adalah Jogja dengan ‘Never ending Asia’. Surabaya dengan ‘Sparkling Surabaya’ dan Jakarta dengan ‘Enjoy Jakarta’-nya. Dan tampaknya baru 3 kota itu yang serius menetapkan tagline dengan melibatkan lembaga profesional dalam bidang merek. Bahkan ‘Jogja, never ending Asia’ itu disiapkan sebuah tim yang melibatkan konsultan merek kondang, Landor. Slogan ketiga kota itu juga selalu digunakan untuk setiap even promosi, bahkan logonya juga selalu hadir dalam berbagai kesempatan. Mungkin karena digarap serius, slogan dan logo dari ketiganya juga tampak modern dan segar.

Bagaimana dengan ‘The Ultimate in diversity’ sendiri? Jujur, slogan ini tidak maksimal digunakan baik di even-even resmi maupun promosi-promosi wisata Indonesia, dan tidak populer. Menurut saya, slogan itu terlalu biasa meskipun sebenarnya maknanya untuk menegaskan keragaman Indonesia. Seperti dikutip dari situt Departemen Kebudayaan & pariwisata ‘The Ultimate in diversity’ dimaknai ‘With hundreds of dialects, ethnics, and customs, Indonesia has so many to offer. Fabulous beaches, serene mountains, numerous waterfalls, relics from the past, beautiful marine life. Indonesia has them all. Visitors will find Indonesia to their liking, as there’s always a place of interest for everyone.

Ultimate in diversityLihatlah logo disamping dan bandingkan dengan logo Thailand atau Surabaya di atas. Menurut saya logo Indonesia ini terlalu biasa untuk memaknai sebagai ‘The Ultimate in Diversity’ apalagi untuk menunjukkan keragaman dan indahnya Indonesia. Kalau diperlukan, mengganti logo bukan sesuatu yang sulit. Namun apapun logo & taglinenya, seharusnya dapat dimaksimalkan sebagai ‘branding’ industri wisata kita. Pemakaian yang lebih sering lewat promosi akan membuat tagline ini lebih dikenal.

Tagline juga harus tetap dijaga dari penilaian negatif sepanjang waktu.

Apa yang Anda pikirkan dengan ‘Truly Asia’ saat adanya klaim budaya Indonesia semacam reog Ponorogo, batik, dan belakangan tari Pendet oleh Malaysia. Kasus klaim yang akhirnya mengemuka ke publik tentu saja memengaruhi persepsi orang atas tagline-nya. Tagline dan materi visual iklan harus merupakan satu kesatuan, atau iklan merupakan bentuk panjang dari tagline itu sendiri. Tidak lupa untuk meng-komunikasikan tagline ini kepada semua pelaku industri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s