Tips ringkas memilih paket tour

TravelBook2 SimpleJelang liburan sekolah atau akhir tahun, koran-koran nasional biasa dipenuhi oleh iklan-iklan paket berlibur. Paket-paket itu dikemas begitu menarik baik untuk liburan domestik maupun ke luar negeri. Destinasi liburan yang ditawarkan kini makin beragam, mulai dari domestik, regional, Asia & Australian, Timur Tengah, Amerika dan Eropa. Harganya bervariasi tergantung lama liburan, pesawat yang digunakan, hotel yang dipilih, dan tanggal keberangkatan. Tawaran yang kelewat banyak memberikan banyak alternatif tapi terkadang menjadi kesulitan saat menentukan pilihan. Nah, kalau Anda punya rencana liburan dan masih bingung menentukan paket tour yang akan dipilih, ada baiknya sejenak menengok tips ringkas memilih paket tour berikut .

  1. Pilih Travel Biro yang berpengalaman pada tujuan liburan Anda. Biasanya travel-travel besar atau travel yang mengkhususkan pada tujuan liburan Anda yang sebaiknya dipilih. Ada cara gampang untuk mengukur besar kecilnya suatu travel, yakni dengan jumlah cabang yang dimilikinya.
  2. Itinerary. Baca baik-baik ringkasan perjalanan (itinerary) yang ditawarkan. Informasi yang patut dicermati adalah obyek wisata yang dikunjungi, lama perjalanan, fasilitas yang termasuk dalam paket (makan, transportasi, tiket masuk obyek wisata). Daftar hotel yang digunakan sebaiknya diketahui dari awal. Hal ini akan membantu Anda untuk mengenal lokasi hotel lebih dini, terutama jika masih ada waktu luang Anda akan lebih mudah jalan-jalan di sekitar hotel.
  3. Pantangan Makanan. Sebaiknya Anda mengetahui makanan yang disajikan dalam paket. Ini penting khususnya bagi Anda yang Muslim atau memiliki pantangan makanan tertentu. Sedangkan pada beberapa airline, Anda dapat memesan makanan khsusu selama di pesawat.
  4. Airport Transit. Beberapa paket tour jarak jauh biasanya menggunakan pesawat yang mengharuskan transit di suatu bandara. Periksa berapa lama Anda harus menunggu ganti pesawat. Hal ini sebaiknya menjadi perhatian apalagi jika Anda berlibur bersama anak kecil. Jika harus transit dalam waktu lebih dari 4 jam, tanyakan apakah ada fasilitas istirahat di luar bandara. Misalnya jika Anda berlibur ke pantai barat Amerika Serikat, mungkin Anda akan transit di Hongkong (Cathay Pacific), Singapore (Singapore Airlines), Bangkok (Thai Airways), Tokyo (JAL, ANA), Taipei (Eva Air, China Airlines).
  5. Fasilitas Stop Over. Fasilitas ini dapat Anda manfaatkan untuk mampir sejenak di negara antara, tentu saja dengan tambahan biaya tertentu. Jika Anda berlibur ke Mesir menggunakan Emirates, anda dapat stop over di Dubai dalam perjalanan pulang. Tentu saja semua urusan setelah stop-over menjadi urusan Anda sendiri karena peserta tour lainnya langsung melanjutkan perjalanan ke Indonesia.
  6. Kebijakan Bagasi. Tiap-tiap airline memiliki aturan berbeda tentang bagasi gratis yang diperbolehkan. Kelebihan bagasi akan dikenakan biaya yang cukup mahal. Jika informasi ini diketahui lebih awal Anda akan lebih mudah menentukan barang bawaan Anda dan seberapa berat bawaan tambahan saat kembali. Dan ingat saat kembali ke Indonesia biasanya Anda akan menambah berat bagasi ini.
  7. Perjalanan sambungan. Untuk liburan jarak jauh, dimungkinkan Anda akan menggunakan tranportasi berbeda baik menggunakan pesawat lain atau jalan darat dengan bus, kereta, kapal laut. Pastikan perjalanan sambungan ini diketahui dari awal. Sebagai contoh, paket liburan ke Eropa Barat, Anda akan mendarat ke salah satu bandara di sana (bisa Perancis, Italia, Belanda) kemudian disambung dengan perjalanan darat. Atau jika Anda mengikuti Vietnam Tour, perjalanan domestik akan dilayani oleh penerbangan lainnya, dari Ho Chi Minh City ke Hanoi dan sebaliknya. Atau jika mengikuti paket Hongkong, Senzhen, Macau maka antar ketiga kota itu Anda akan menggunakan ferry. 
  8. Kepastian keberangkatan. Seperti diketahui suatu paket biasanya akan dibuka jika peserta tour mencapai jumlah minimal tertentu. Kepastian keberangkatan ini menjadi sangat penting agar liburan Anda sesuai dengan waktu yang Anda alokasikan.
  9. Pengurusan dokumen. Untuk tujuan negara tertentu tour ke luar negeri Anda diwajibkan untuk mengurus visa kunjungan. Tanyakan apakah travel biro tersebut dapat membantu pengurusan dokumen ini dan berapa biayanya. Bantuan pengurusan dokumen oleh travel biro akan sangat membantu Anda khususnya yang tidak tinggal di Jakarta. Tanyakan lebih awal persyaratan pengurusan visa ini, sebab kegagalan mendapatkan visa akan membuat liburan Andapun gagal.
  10. Tour Guide dan Tour Leader. Tanyakan apakah keduanya ada dalam paket. Tour Leader akan menemani Anda dari airport keberangkatan hingga kembali. Sedangkan tour guide akan memandu Anda selama mengunjungi obyek-obyek wisata. Ada baiknya ditanyakan juga bahasa yang digunakan oleh tour guidenya. Menggunakan bahasa Inggris mungkin tidak akan menjadi cukup masalah, tapi bayangkan jika tour leader Anda menggunakan bahasa lokal seperti, Canton, Viet, dll.
  11. Biaya-biaya yang tidak termasuk dalam paket. Biaya-biaya ini biasanya adalah biaya pengurusan dokumen, biaya keperluan pribadi, tips untuk tour leader dan supir. Pastikan apakah airport tax sudah termasuk dalam paket. Sudah menjadi kebiasaan Anda sebaiknya menyisihkan untuk tour guide, supir selama tour (jika tour melalui darat). Besarnya tip dihitung per hari berkisar 2$ per hari per orang.
  12. Mata Uang. Untuk kebutuhan mata uang yang mudah didapat di Indonesia sebaiknya Anda siapkan sebelum berangkat. Uang Asing yang banyak didapat di Indonesia seperti Dollar Amerika (USD),  Euro(EUR), Singapore Dollar(SGD), Swiss Franc(SFR), Saudi Arabia Real(SAR), Hongkong Dollar(HKD), China Yuan(CNY), Thailang Baht(THB), Malaysia Ringgit(MYR). Anda tidak akan direpotkan harus menukarkan uang Anda di negara tujuan, disamping kemungkinan mendapatkan nilai tukar yang kurang bagus jika menukarkan di airport. Jangan bawa Rupiah, sebab Anda akan sulit menukarkan dengan uang lokal. Bawa saja mata uang populer seperti Dollar Amerika & Euro, dimanapun Anda berada kedua uang itu akan mudah ditukar.
  13. Pembatalan Tour, ini penting untuk diketahui dari awal. Jika Anda terpaksa harus membatalkan keikutsertaan tour, apa saja konsekuensinya, berapakah biaya yang bisa dikembali.

Jika masih ada hal yang belum jelas, jangan ragu-ragu untuk menanyakan langsung ke travel bironya. Setelah Anda menentukan paket yang dipilih, persiapkan segala keperluan lainnya. Dengan persiapan yang baik, akan terhindar dari kesulitan dan biaya-biaya tak terduga selama liburan. Selamat berlibur semoga menyenangkan.

Artikel terkait Banyak cara untuk berlibur ke luar negeri

3 thoughts on “Tips ringkas memilih paket tour”

  1. salam,
    Mas toto saya ingin dapatin cerita tour-nya mas toto ke mekah dan madinah, kapan yah ….? lengkap dari sejak memilih trevel, pengalaman perjalanan, aspek sosial budaya masyarakat saudi, sarana transportasi, infrastruktur, ….. , termasuk pengalaman rohani tentunya.

    saya tunggu.

    wassalam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s