Memilih hotel paling ‘tepat’ di Bangkok

Hotel Sukhumvit2Distrik wisata di kota bangkok secara umum terletak di kawasan Sukhumvit, Silom, Riverside dan Pratunam. Keempat kawasan ini memiliki kekhasan tersendiri, dan sama-sama hidup sepanjang waktu. Banyak hotel dan tempat-tempat belanja di sekitar kawasan in, dan dilalui baik Skytrain maupun MRT. Tapi sebelum memilih hotel, ada baiknya Anda sesuaikan dulu dengan aktifitas Anda selama di Bangkok, dan dengan siapa Anda berlibur. Mengapa demikian?

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa kehidupan malam di Bangkok lebih terbuka dibanding Indonesia. Tempat pijat, bar, night club sudah menjadi pemandangan biasa. Bahkan tempat hiburan khusus dewasa sangat mudah dijumpai di Bangkok.

  1. Sukhumvit Area. Inilah kawasan paling populer bagi turis dengan jumlah hotel sangat banyak dari Bintang 5 hingga budget hotel, yang tersebar dari Soi 1 hingga 50-an. Sukhumvit sendiri merupakan sentra turis di Bangkok, hampir semua aktifitas disini terkait dengan industri wisata. Anda tidak akan sulit mendapatkan tempat belanja, makan, dan hiburan disini. Untuk wsiata dengan keluarga saya lebih merekomendasikan Sukhumvit dibandingkan Silom. Sukhumvit juga sangat strategis karena dilewati oleh jalur BTS Skytrain. Hotel- hotel yang berada di area ini diantaranya adalah : Westin Grande, Sheraton Grande, JW Marriot, Grand Sukhumvit, Sofitel Residence, The Landmark, Grand Millennium, President Solitaire, Grand Mercure. Untuk berlibur bersama keluarga saya rekomendasikan untuk tinggal di kawasan ini.
  2. Silom Area. Kawasan ini juga dikenal sebagai Little Tokyo. Banyak hotel berada di sini seperti Dusit Thani Hotel. Silom terkenal dengan kawasan tempat hiburan khusus dewasa. Penjual DVD rating X3-pun secara terang-terangan menawarkan dagangannya disini. Pertunjukan-pertunjukan seperti tari erotis sangat mudah didapat, dengan kawasan populer PatPong Night Market. Disini juga ada night bazaar, Anda juga dapat curi-curi pandang apa yang terlihat di dalam. Saya sangat tidak menganjurkan Anda tinggal di kawasan ini jika berlibur dengan anak-anak. Tapi lain ceritanya jika Anda termasuk pengikut genre ‘petualang malam’.
  3. Siam Area. Sebenarnya Siam ini berdekatan dengan Sukhumvit dan dilalui oleh BTS. Banyak pusat perbelanjaan di kawasan ini, diantaranya Siam paragon, Siam Center, Siam Discovery. MBK Center juga tidak terlalu jauh dari ketiga mall itu. Hotel di kawasan ini diantaranya adalah Novotel Siam Square, Pathumwan Princes, Siam at Siam Design, Courtyard by Marriot, Evergreen Place, Asia, dan Diamond City. Bagi Shopaholic sangat cocok untuk tinggal di Siam.
  4. Riverside Area. Inilah kawasan berada di tepi Chao Phraya River, dengan pemandangan banyak kuil dan tentu saja sungai. Hotel- hotel mewah banyak berada di area ini diantaranya adalah : Millennium Hotel, Marriot Hotel & Spa, Mandarin Oriental, Peninsula, Shangri-la, Royal Orchid Sheraton, Ramada Plaza, Best Western Svana. Suasananya relatif tenang dan tidak terlalu hiruk pikuk seperti di Silom.
  5. Pratunam District. Kawasan ini lebih kurang populer bagi kalangan turis. Tidak terlalu banyak hotel disana kecuali yang terkenal Indra Regent, lokasinya dekat dengan Pratunam Market, sehingga gampang untuk beli oleh-oleh. Namun Pratunam memiliki pusat belanja khusus seperti Pantip Plaza untuk IT, Platinum Fashion Mall untuk pakaian. Pratunam juga terkenal dengan grosir pakaiannya, street market, dan outlet pakaian. Selain Indra Regent hotel-hotel di kawasan ini adalah Best Western Mayfair Suites, Siam City, Amary Watergate, Ramada D’MA, Century Park, Baiyoke Sky, Hotel de Bangkok dan masih banyak lagi.

Disamping hotel-hotel tadi, di masing-masing kawasan juga tersedia budget hotel di bawah 1000 Baht. Untuk memesan hotel online dapat melalui agoda.com atau asiaroom.com disamping biro perjalanan di Indonesia. Selamat berlibur.

Artikel Bangkok lainnya :

47 thoughts on “Memilih hotel paling ‘tepat’ di Bangkok”

  1. Pak tok mau tanya, kalau saya menginap di daerah shukumvit utk 3 orang, tapi di online bookingnya cuman browse utk 2 orang, sedangkan ditulisnya bisa maksimal sampai dgn 3 orang, apakah nanti akan dikenakan chargenya?

  2. Pak to, wa baru pertama kali ke bangkok & membawa anak2 serta mertua. kalau bisa sih wa mau cari hotel yang murah & mudah cari makan serta belanjanya. Kira-kira ada saran ngak Pak. TQ

  3. Pak Tok numpang nanya… kalo untuk orang tua yang bepergian sendiri (umur 60an) ada saran ga hotel yang bersih dan dengan harga yang reasonable serta akses mudah kemana2.. lokasi apa yang sebaiknya dipilih…. apakah Sukhumvit? terima kasih.

    1. Amelia, saya sarankan tinggal di Shukumvit saja lebih nyaman untuk orang tua. Ada jalur BTS (Skytrain) di sepanjang jalan itu.

  4. Pak Totok… Menarik sekali dan banyak memberi informasi. Saya mau menanyakan mengenai mengenai guide orang Indonesia yang ada di Bangkok, mungkin ada alamat email…. Trims ya

    1. Frans, sepertinya agak susah nyari guide orang Indonesia kecuali bawaan paket tour dari Indonesia. Tapi guide di sana lumayan bagus, mereka bersertifikat dari asosiasi, dan berbahasa Inggris cukup bagus.

    1. Selain taxi bisa pakai Bus no 552 dari Suvarnabhumi Airport turun di On Nut BTS Stasion. Atau pakai Airport Rail Link turun di Asoke (saya belum pernah coba utk kereta). Untuk orientasi lokasi coba cek di googlemap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s