Banyak cara untuk berlibur ke luar negeri

travelbook31Liburan sekolah segera tiba. Kalau Anda memiliki rencana untuk memanfaatkan liburan sekolah dengan melancong ke luar negeri, sekarang sudah saatnya menyiapkan liburan Anda. Sebenarnya kalau Anda jeli, di koran-koran nasional seperti Kompas iklan-iklan paket liburan ke luar negeri sudah sangat banyak ditawarkan. Bagi Anda yang sudah sering berlibur ke luar negeri, menyiapkan liburan ke luar negeri itu akan menjadi sesuatu yang mudah. Tapi bagaimana jika ini merupakan berlibur ke luar negeri pertama Anda? Anda tidak perlu merasa ribet, sebab banyak cara untuk berlibur ke luar negeri sesuai keinginan dan kemampuan finansial Anda.

Paket Reguler

Travel-travel biro besar biasanya mengemas produk-produk tur luar negeri untuk tujuan-tujuan populer secara reguler. Paket Singapore -Malaysia, China, Hongkong,-Shenzen-Macau, Thailand-Pattaya, Australia-New Zealand, West Europe, East Europe, Scandinavia, Spain, Portugal & Marroco, dan juga West USA. Jika Anda mengikuti tur jenis ini, maka semua keperluan selama tur disiapkan oleh travel biro, mulai tiket, hotel, program tur, bahkan hingga pengurusan dokumen. Rencana perjalanan sudah disusun lengkap dan detil. Anda hanya tinggal menyiapkan dollar dan koper saja. Tur jenis ini sangat cocok jika ini merupakan liburan pertama ke luar negeri atau paket tour merupakan tujuan baru buat Anda. Meskipun segala rupa sudah diurus oleh travel harga paketnya bisa cukup atraktif, karena travel biro memiliki kerjasama dengan airline, hotel, dan operator tur di luar negeri. Enaknya paket ini adalah Anda akan ditemani tour leader dari Indonesia. Namun demikian tur jenis ini biasanya memiliki jadwal tour sangat padat, dan Andapun harus mengikuti jadwal tersebut. Anda tidak mungkin untuk memperpanjang masa tinggal di suatu tempat ditengah-tengah program tur. Dalam satu group biasanya berisi sedikitnya 20 orang, dengan peserta beragam. Anda akan menambah teman/relasi baru.

 

Paket FIT

 

Paket jenis memiliki waktu lebih fleksibel. 2 orangpun sudah bisa berangkat, sehingga tidak terlalu tergantung jadwal yang ditentukan oleh travel. Kalau Anda membeli paket ini travel biro akan menyiapkan tiket pesawat, hotel, program tour di negara tujuan dan airport transfer. Anda bisa suka-suka untuk menentukan lama tinggal di negara tujuan. Yang perlu diingat, tidak ada tour leader yang menyertai Anda dari Indonesia, sementara tour guide selama program tour berasal dari negara tujuan. Harga paket akan lebih murah dibandingkan Tour Reguler.

Paket Free & Easy

Paket jenis ini juga lebih sederhana. Travel biro hanya membantu Anda meyiapkan tiket pesawat dan hotel serta airport transfer. Sesampai di negara tujauan Anda bebas menentukan program tour tersendiri. Untuk negara-negara tujuan turis Anda bisa memilih paket-paket terpisah yang biasanya ditawarkan, seperti citytour. paket-paket ini sangat mudah didapatkan di hotel tempat Anda menginap, atau Tourist Information Box. Paket ini cocok jika Anda ingin mengeksplorasi tempat-tempat khusus tanpa terikat jadwal, atau bahkan untuk keperluan lainnya. Harga paket jauh  lebih murah dari FIT apalagi jika dibandingkan dengan Tour Reguler.

 

Paket Incentive

 

Paket ini pada dasarnya sama dengan paket regular, yang membedakan adalah dalam satu group hanya berisi Anda dan teman-teman sendiri. Jika Anda sebuah keluarga besar dan merencanakan liburan bersama, paket ini bisa dijadikan pilihan. Program tournya juga dapat Anda sesuaikan sendiri. Paket ini biasanya juga digunakan perusahaan sebagai insentif bagi karyawannya. Minimal pax biasanya 20 orang.

Liburan sendiri (tanpa paket tour)

Jika Anda sudah terbiasa liburan ke luar negeri, Anda bisa menyiapkan semuanya sendiri mulai dari beli tiket, mencari hotel. Tidak usah kuatir untuk tiket dan hotel, Anda tetap bisa membelinya lewat travel biro atau pembelian online via internet. Anda bebas untuk menentukan semuanya sendiri. Sementara untuk program tour selama di negara tujuan Anda bisa membeli paketnya melalui tour operator dunia seperti Trafalgar (www.trafalgar.com), Globus (www.globus.com.au), Cosmos (www.cosmostours.com.au) maupun Miki. Pembelian ini juga tetap bisa dilakukan di travel biro yang menjadi agen di Indonesia, juga bisa via internet. Untuk backpackers tersedia cukup banyak tawaran penginapan murah, bahkan beberapa ditawarkan sharing dengan tamu lain dalam barak (barrack).

Nah liburan ke luar negeri tidak rumit bukan? Jangan lupa bawa NPWP Anda untuk mendapatkan bebas fiskal luar negeri (artikel di Archieve).

Artikel terkait :

10 thoughts on “Banyak cara untuk berlibur ke luar negeri”

  1. mas aku mau nanya rencananya mau liburan ke turki tapi berangkatnya dari kuala lumpur mas..aku pesannya tiket qatar airways atau turkish via KL
    mohon petunjuk mulai check in di KLIA sampe bordingnya mas..karena aku blm pernah ke KLIA ..makasih mas ditunggu infonya

    1. NBF 2,
      Pepatah Tiongkok kuno bilang ‘berbisnislah sesuai bakat atau hobby’. Siapa tahu siapa tahu punya usaha travel tetapi harus punya produk unit & sepertinya bukan travel yang hanya jual tiket dan voucher hotel saja. Tapi….. baru cita-cita, duitnya belum ada.

  2. mas,dokumen apa yg diperlukan sekomplit2nya klu qta wisata keluar negeri?thx jawabannya…sukses trs ya

    1. Dear Vafita,
      Untuk ke luar negeri dokumen yang dibutuhkan :
      1. Passport dengan minimum 6 bulan masa laku. Untuk beberapa negara di Timur Tengah mensyaratkan nama harus terdiri lebih 1 kata.
      2. Visa. Visa dibutuhkan untuk masuk negara-negara tertentu. Beberapa negara membebaskan visa untuk kunjungan wisata, sosial, dan kunjungan bisnis singkat. Untuk keperluan bekerja mewajibkan visa. Visa dapat diajukan di kedutaan atau konsuler negara yang akan dituju. jenis visa lain adalah Visa on Arrival yang bisa diurus langsung begitu tiba. Baca juga artikel tentang Bebas Visa di blog ini juga, search saja. Untuk urus visa diperlukan banyak dokumen yang berbeda-beda untuk masing-masing negara.

    1. Friend,
      Pengin juga sih punya usaha travel & tour, tapi modalnya belum ada.
      Mau jadi investor? He….he…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s