Siapa bilang liburan ke Bali itu harus mahal?

pura011Mendengar kata ‘liburan ke Bali’, biasanya selalu terkesan mahal dan butuh banyak uang. Bali memang menawarkan seabrek hotel & villa mewah tetapi penginapan murah juga tersedia. Bali juga menawarkan resto & cafe premium namun warung makan murah juga ada. Harga tiket pesawat ke Bali relatif mahal tapi tiket promo kerap ditawarkan. Tidak selamanya liburan harus menguras tabungan lho. Artinya, Anda tidak harus mengeluarkan banyak uang untuk liburan jika disiapkan dengan cermat. Nah, mungkin tips ringkas ini bisa membantu untuk merencanakan liburan Anda ke Bali.

Rencanakan liburan lebih awal

Tidak seperti orang asing, biasanya orang Indonesia agak tidak terbiasa merencanakan liburan jauh-jauh hari. Padahal jika ini Anda lakukan, Anda akan berpeluang mendapatkan tiket lebih murah, dan memperoleh pilihan kamar hotel murah sesuai keinginan. Rencana liburan sebaiknya sekaligus dengan rencana harian selama di Bali (itinerary). Ini sekaligus untuk menentukan berapa hari Anda akan berada di Bali.

Hindari high season apalagi peak season

Memilih waktu berlibur akan memengaruhi pengeluaran liburan Anda. Pilihlah waktu yang diperkirakan Bali tidak terlalu ramai. High season biasanya berkisar Juni – Agustus, peak season akhir Desember – awal Januari. Saat liburan sekolah, long weekend, lebaran biasanya Bali juga sangat padat. Anda akan lebih sulit mendapatkan keperluan liburan dan membayar mahal jika berlibur pada saat-saat seperti itu. Harga tiket akan menjadi mahal dan akan lebih sulit mencari kamar hotel. Di tempat-tempat wisatapun juga akan lebih padat. Tentu saja tip ini hanya cocok untuk Anda yang tidak terlalu terikat waktu.

Mencari tiket promo pesawat

Di saat sepi penumpang biasanya airline akan menjual tiketnya lebih murah dari harga normal. Tiket murah bisa didapat dari promo airline untuk penerbangan jauh di depan. Sering-sering lah mengunjungi website airline seperti Air Asia, Batavia, Lion Air, Garuda yang rajin menggelar promo, bahkan tiket gratis. Tapi ingat, jika Anda membeli tiket kelas ini Anda tidak leluasa untuk mengganti jadwal penerbangan. Usahakan jadwal liburan Anda sudah pasti.

Pesan kamar hotel online atau membeli voucher

Biasanya harga kamar hotel online atau voucher lebih murah dibandingkan jika Anda datang mendadak (walk-in) ke hotel. Pemesanan kamar on-line jauh-jauh hari juga berpeluang mendapatkan harga kamar murah. Perlu diingat, biasanya tarif hotel dibedakan antara tamu domestik dan asing. Saran saya, beli online saja atau beli voucher via travel-travel. Anda bisa mendapatkan kamar hotel via Agoda, AsiaRooms, atau Booking.com. Hanya saja biasanya travel biro cuma menjual hotel dengan rating Bintang 1 s.d 5. Untuk hotel dan penginapan murah di luar itu, Anda harus menghubungi secara langsung baik via telepon atau email. Penginapan murah juga banyak tersedia di Poppies Lane 1 & 2. Daftar hotel murah di Kuta klik disini, di Ubud klik disini. Guesthouse murah juga banyak tersedia di daerah Seminyak, Legian, cuma tempatnya agak masuk-masuk gang. Untuk yang berlibur bersama keluarga, pertimbangkan untuk menyewa villa, ini karena gak semua villa bertarif mahal.

Pilih hotel di area mayoritas aktifitas

Untuk menghemat biaya transportasi pilih hotel di sekitar mayoritas aktifitas Anda. Jika aktifitas liburan Anda banyak di sekitar Ubud, pilihlah hotel dan penginapan di kawasan Ubud. Jika aktifitas tersebar disarankan untuk tinggal di Kuta atau Legian, ini akan memudahkan mencari akses ke manapun disamping cukup dekat dengan bandara.

Sewa mobil harian untuk transportasi

Selain taxi, tidak cukup banyak transportasi umum yang tersedia di Bali. Dengan rencana perjalanan harian yang baik, Anda akan lebih berhemat waktu sekaligus hemat biaya transportasi, misalnya dengan menyewa mobil untuk beberapa orang. Banyak tawaran sewa mobil mulai hanya 5 jam, hingga sehari penuh. Untuk Anda yang tidak ingin direpotkan mencari jalan (di Bali jalannya relatif sempit), sebaiknya menyewa mobil berikut sopir dan BBM. Driver ini sekaligus bisa Adan jadikan guide, Anda tinggal menambahkan tip. Tarif sewa mobil per 5 jam (+BBM & Driver) berkisar Rp. 170.000, untuk 12 jam sekitar Rp. 350.000. Jasa penyewaan mobil bisa didapat melalui internet atau brosur-brosur yang ada di bandara. Biaya transportasi akan menjadi lebih hemat jika Anda berlibur bersamaan (4-6 orang), sebab biaya sewa mobil dihitung per kendaraan. Anda juga bisa mengambil paket untuk group kecil yang banyak dijual di pusat informasi turis. Kalau ini menjadi liburan pertama Anda ke Bali, bisa simak tawaran Damai Dewata Tour yang layak dipertimbangkan, paket 3 hari mulai Rp. 850.000 per mobil, untuk 4 hari Rp. 1.100.000/mobil. Tawaran sejenis lainnya sangat banyak tersedia dengan harga paket yang hampir sama. Cukup hemat bukan? Oh ya, kalau terbiasa naik motor, coba sewa sepeda motor yang banyak ditawarkan di Bali. Atau bisa gunakan shuttle Kuta-Ubud (X-Trans) jika ingin menikmati Ubud.

Bawa pakaian sesuai musim dan acara Anda

Ini penting dilakukan agar Anda tidak perlu lagi membeli pakaian yang digunakan selama liburan, ya kecuali kalau untuk souvenir atau memang Anda ingin berbelanja. Secara umum cuaca di Bali cukup panas, jadi bawa pakaian yang berbahan dingin dan nyaman. Pakaian yang dibawa sesuaikan dengan acara liburan Anda. Jangan lupa bawa alas kaki kesukaan Anda, sebab Anda akan lebih menikmati berjalan kaki di beberapa lokasi. Namun demikian, jangan terlalu banyak bawa perbekalan sebab ada batas bagasi yang boleh Anda bawa ke pesawat. Jangan sampai Anda mendapatkan tiket murah, tapi Anda harus membayar mahal kelebihan bagasi.

Kendalikan budget

Kalau Anda termasuk orang yang lapar mata, kendalikan budget Anda. Kalau tidak, Anda akan tergiur untuk membeli barang-barang di luar rencana. Bagaimanapun juga Bali juga menawarkan toko-toko dengan dagangan yang menggiurkan mata. Pasar-pasar cendera mata banyak dijumpai di Bali, di sini keahlian menawar harus digunakan. Jangan segan-segan untuk menawar rendah dulu, biasanya mereka tidak akan marah.

Nah, jika Anda ingin berlibur ke Bali kenapa tidak direncanakan dari sekarang?  Selamat menikmati Bali, my paradise.

Link Airline murah :

  • Air Asia  (Dari Jakarta & Sby (mulai Feb 12))
  • Batavia Air
  • Lion Air (rute banyak, pesawat baru B737-900ER)
  • Citilink (dari Jakarta & Surabaya)

25 thoughts on “Siapa bilang liburan ke Bali itu harus mahal?”

  1. sekedar info : pak TOTO sy beli voucher hotel lewat agoda untuk menginap di lovina, bali : tepatnya di ” hotel WAHYU DANA” dengan alamat jalan raya seririt-singaraja, dan saya sudah bayar full payment lewat agoda ; sesampai disana saya sangat terkejut karena pemilik hotel tersebut mengaku tidak bekerja sama dengan agoda dan tidak punya jaringan internet….. (hotelnya sangat sedderhana dan tidak mengenal internet sama sekali juga) Hangus lah uang saya….. apakah ada cara untuk menarik lagi uang saya di agoda?? Dan hati2 bagi anda yg akan memesan kamar lewat agoda karena ternyata tidak 100 % bma kasiherlaku…. saya sudah kirim email ke agoda tapi belum ada respond, mohon dibanttu ya pak TOTO mana tau ada info untuk mendapat uang saya kembali, teri

  2. waahhh..artikel2nya cukup membantu pak…
    btw,,saya berencana dgn suami mau kebali lg,,pengennya sie bener2 memanfaatkan wakt disana jgn sampai hanya habis waktu dihotel saja..menurut bapak kalau mau keliling bali spt tanah lot,ubud,sukowati dll mending jalan senddiri nyewa kendaraan(motor) atau ikut tour ya???mohon solusinya ya pak???

    1. Maria, saran saya agar bisa benar menikmati liburannya sebaiknya ikut paket tour saja. Coba cek di balitrip.com, saya pernah gunakan dia lumayan bagus. Ada juga sewa mobil berikut driver dan BBM, drivernya bisa sekalian jadi pemandu, dan rutenya bisa ditentukan sendiri atau didiskusikan dengan drivernya.

  3. Info yang menarik nih Bos. klo bisa di lengkapi infonya, akan lebih bagus lagi. Di tunggu kunjungan balasannya ya. Mo melanjutkan blogwalking lagi. Salam Hangat

  4. memang benar liburan di bali nggak selalu mahal. awal bulan lalu saya ke bali nginepnya di poppies 2 cuma kena 80rb semalem include breakfast. buat jalan2 nyewa motor sehari 40rb. ke bali 4 hari jadi nggak kerasa..

  5. Betul pak, ini liburan keluarga (total 8 orang). Wah terima kasih atas sarannya, tadinya saya bingung karena takut nanti di bali waktunya malah habis tidur di hotel… padahal tujuannya mau keliling objek wisata di bali (tanah lot, bedugul, dll) terima kasih atas sarannya pak…

  6. pak kalau mau jalan2 di bali, lebih enak ikut city tour yg 1 hari atau lebih baik sewa mobil + supir sendiri dan berangkat sendiri ya? saya nginap di aston benoa dan hard rock kuta selama 5 hari, rencananya mau ke tanah lot dan lovina juga… mohon petunjuknya biar bisa lebih murah saran bpk bagaimana? terima kasih sebelumnya…

    1. @Franky,
      Sepertinya ini liburannya ramai-ramai (lebih dari 2 orang). Kalau saya lebih cenderung sewa mobil + BBM + supir. Memang harganya tampak jadi lebih mahal karena BBM dan supir, tapi akan hemat waktu dan tidak takut kesasar. Jatuhnya akan lebih murah jika diisi minimal 4 orang. Jalan di Bali sempit-sempit lho, dan ini agar bisa menikmati perjalanan karena pemandangan di perjalanan sayang dilewatkan. Supir sekaligus sebagai guide jadi tak perlu mikiran jalan. Mengenai waktunya bisa disesuaikan apakah ambil 10 jam atau 12 jam. Biar lebih hemat pilih mobilnya sesuai kapasitas penumpang. Rute juga bisa diatur sendiri tapi sebaiknya dibicarakan dengan drivernya. Tapi kalau mau ke Lovina juga, sepertinya minimal 2 hari. Kali-kali beruntung bisa lihat dolphin di Lovina saat sore hari. Perkiraan harga ada di komentar artikel lainnya.

    1. Dear Yola,
      Telp Damai Dewata ntar saya coba carikan ya. Yang ada Balitrip di 0361 9966322/9939391, rincian sewa mobil ada di artikel komentar artikel Inilah pilihan penginapan murah di Bali. Sebenarnya pilihannya banyak, brosur-brosur tersedia sangat banyak di terminal kedatangan di sekeliling pilar di depan pengambilan bagasi. Secara umum rata-rata paket yang ditawarkan mirip-mirip dan harganya juga tidak jauh beda satu sama lain. Bisa dilihat dan dibandingkan satu sama lain.

  7. Bang, judulnya keren tuh. Jadi pengin baca sampai abis. Btw, bener gak sih kalo cewek2 bule lebih suka orang Indo yang item? But, jgn berpikir yg gak-gak, gw cuma pengin latih bhs Inggris doang. Gw niy pembalap. Pemuda berbadan gelap. Ha…ha…

    1. Adit si pembalap,
      Saya gak bisa jawab pertanyaanmu itu, sulit. Memang sesekali terlihat cewek bule jalan bareng ama cowok gelap. Tapi itu saya rasa preferensi individu dan tidak bisa digeneralisir kan. Kalau cuma mau lancarin bhs Inggris, coba saja. Rata-rata org bule (laki atau perempuan) lebih hangat dan enak diajak ngobrol koq.

    1. Gak kog pak/mas bj, cuma nulis apa yang dipikiran aja. Syukur-syukur ada bermanfaat bagi yang lain.
      Btw, sptnya mas bj ini kenal saya…. Thx sudah mampir….

  8. Coba cari di Popies lane 1 dan 2, serta jalan tembus di kedua jalan itu. Coba lihat di artikel lain, klik disini.
    Nah kalau mau kenalan ama bule, yang penting berani nyapa dulu. Biasanya bule-bule Eropa/Aussie cukup welcome lho. Lain dengan bule-bule Asia, biasanya rada-rada susah, kecuali kalau Anda punya penampilan cukup OK, gampang juga kenalan ama cewek2 Jepang. Selamat hunting bule…he…

  9. Bang,
    Untuk penginapan murah yang sekitar Rp.100ribuan daerah Kuta ada dimana aja? Infonya dong. Terus kalau pengin kenalan ama bule-bule gimana mulainya?
    Thx ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s