Apply Visa Amerika : Mendebarkan tapi tak serumit yang dibayangkan

Mengajukan Visa selalu mendebarkan apalagi untuk negara-negara yang dikenal ketat. Bagaimana dengan Visa Amerika? Apply visa Amerika dikenal sulit seperti halnya Visa ke Inggris dan Schengen. Cerita kegagalan mendapat Visa ke negara-negara itu jamak terdengar. Persyaratan yang ketat, isian formulir yang sangat banyak kadang sudah membuatnya gentar. Seseram itukah? Mungkin saja tidak, sebab menurut Kedutaan Amerika hanya 10% pengajuan Visa yang harus ditolak. April 2012 saya mengajukan Visa Amerika untuk rencana perjalanan mendadak. Isian formulir memang sangat banyak tapi prosesnya relatif cepat, beberapa proses dilakukan dengan online, diantaranya mengisi formulir dan membuat janji wawancara. Bahkan pelacakan dokumen dapat dilakukan secara online. Persetujuan Visa dapat diketahui langsung pada akhir wawancara. Dan, 2 hari setelah wawancara paspor yang telah ditempel Visa sudah sampai di kantor saya. 

Sebenarnya panduan pengajuan visa di situs kedutaan Amerika sudah sangat jelas dan detil. Disiapkan 2 bahasa, Inggris dan Indonesia. Seperti yang saya alami, dari beberapa kali mengajukan visa ke negara lain, mengajukan visa ke Amerika Serikat ini masuk yang paling mendebarkan. Tidak seperti pengurusan Visa ke Inggris, Australia dan China, lokasi pengurusan Visa ini sementara berada dalam Kedutaan Amerika sehingga keamanan sangat ketat, termasuk tidak diperbolehkan membawa telepon seluler ke dalam lokasi. Dalam waktu dekat lokasi pengurusan Visa akan segera dipindah ke Jl Dr Satrio, tak lagi berada di komplek kedutaan. Namun demikian sebenarnya sekuriti kedubes ini sangat ramah dan membantu, mulai dari antrian di luar kedutaan sebelum hingga keluar kedutaan.

Secara ringkas proses pengajuan Visa (Visa B1/2) dibagi dalam beberapa langkah :

  1. Membayar biaya Visa di Standard Chartered Bank atau Bank Permata. Slip setoran akan memuat kode pembayaran yang akan digunakan saat membuat jadwal wawancara.
  2. Mengisi formulir DS-160 secara online. Isi formulir ini selengkap dan seakurat mungkin. Konselor akan menggunakan informasi ini untuk persetujuan visa. Nah jika dirasakan kurang biasanya akan ditanyakan dokumen-dokumen pendukung.
  3. Buat jadwal wawancara online. Jika Anda mengajukan visa secara group atau satu keluarga, buat jadwal wawancara berdasarkan group. Ini akan memudahkan group/keluarga saat wawancara.
  4. Sembari menunggu jadwal wawancara siapkan dokumen-dokumen yang mungkin diperlukan saat wawancara nanti. Saat wawancara bawa serta dokumen-dokumen pendukung jika ditanyakan oleh konselor.
  5. Datang ke kedutaan sesuai jadwal :
    1. Datang ke kedutaan sesuai jadwal yang sudah dibuat. Bawa konfirmasi jadwal wawancara dan tunjukkan ke petugas untuk dilakukan pemeriksaan jadwal Anda. Sebelum masuk kedutaan Anda harus antri terlebih dulu, petugas akan mempersilakan masuk berkelompok.
    2. Setelah melewati pintu masuk Anda akan diperiksa termasuk barang bawaan. Telepon seluler harus dititipkan di sini. Tidak diperkenankan membawa minuman dan barang-barang terlarang lainnya.
    3. Lolos dari pemeriksaan selanjutnya antri untuk penyerahan dokumen awal. Ada 4 loket tersedia di sana. Sebelum giliran akan ada petugas yang membatu Anda untuk menyiapkan dokumen yang diperlukan di loket, diantaranya foto 5×5 cm dengan latar belakang putih.
    4. Menyerahkan berkas di loket yang diantaranya adalah paspor dan bukti isian formulir yang sudah ditempel foto. Sertakan juga paspor lama Anda di loket ini. Anda akan diberikan nomor group yang tercetak dalam karton tebal.
    5. Selepas loket Anda menuju antrian wawancara. Tersedia ruang terbuka dengan kursi cukup banyak. Disediakan air minum, Anda juga bisa membeli makanan ringan disini.
    6. Memasuki ruang wawancara. Petugas akan memanggil seusia groupnya. Ada 2 aktifitas di ruangan ini yakni pengambilan sidik jari dan wawancara. Wawancara dilakukan per group dengan posisi antrian berdiri ke belakang. Anda akan dengan jelas mendengarkan wawancara antrian di depan Anda. Konselor terkadang menanyakan dokumen pendukung. Saya cukup beruntung sebab dokumen-dokumen pendukung yang sudah saya ternyata tidak ditanyakan saat wawancara. Inilah saat yang mendebarkan itu.
    7. Seusai wawancara akan langsung diberi tahu persetujuan visa. Akan diberikan warna putih jika disetujui, warna merah muda jika ditolak. Jika konselor memberikan warna kuning berarti masih diperlukan lagi tambahan informasi atau dokumen sebelum mengambil keputusan.
  6. Menunggu paspor dalam 2 – 4 hari setelah wawancara. Paspor bisa diambil di RPX yang ditunjuk atau dikirim via kurir ke rumah atau kantor. Anda dapat memilihnya saat membuat jadwal wawancara online. Bahkan masih diberi kesempatan merubah pilihan pengiriman hingga pukul 23.59 di hari wawancara.

Di samping tips ringkas di atas sebaiknya Anda baca semua petunjuk di  website Kedutaan Amerika di Jakarta. Berikut beberapa diantaranya :

Cara Mengajukan Permohonan Visa Non-Imigran

Harap mengikuti lima langkah berikut mengenai pengajuan visa. Harap baca juga Saran tambahan mengenai pengajuan visa.

  1. Membayar biaya pengajuan visa non-imigran
  2. Melengkapi Aplikasi Visa Elektronik Non-Immigrant (DS-160)
  3. Membuat jadwal wawancara secara online
  4. Mengumpulkan dokumen-dokumen yang akan dibawa pada saat wawancara
  5. Kehadiran secara pribadi di Kedubes AS dengan membawa halaman konfirmasi DS-160; halaman konfirmasi jadwal wawancara; satu foto terbaru; paspor yang berlaku dan semua paspor lama, dan semua dokumen dokumen yang diperlukan sesuai dengan kategori visa yang anda ajukan.

1. Membayar biaya visa non-imigran YANG TIDAK DAPAT DIKEMBALIKAN

Membayar biaya visa non-imigran di Bank Standard Chartered atau Bank Permata. Pembayaran dilakukan maksimum dua belas bulan sebelum jadwal wawancara anda. Untuk mengetahui informasi mengenai biaya-biaya visa yang terbaru harap lihat di: http://www.ustraveldocs.com/id_bi/id-niv-visafeeinfo.asp

  • Klik disini mengenai prosedur cara-cara melakukan pembayaran visa dalam Bahasa Inggris atau Indonesia.
  • Membayar biaya visa perorangan. Jangan menggabungkan pembayaran untuk keluarga atau kelompok dalam satu bukti pembayaran.
  • Jangan membayar biaya tambahan lainnya di Bank Standard Chartered atau Bank Permata.
  • Jangan melakukan pembayaran di bank lain.
  • Pemegang paspor Diplomatik yang akan mengajukan permohonan visa jenis apapun, dan pemohon visa jenis A, G, C-3, NATO dan J (hanya untuk kantor-kantor yang resmi berpartisipasi pada program pertukaran yang disponsori oleh Pemerintah AS), tidak harus membayar.

2. Melengkapi Aplikasi Visa Elektronik Non-Imigran (DS-160)

Mengisi secara online Aplikasi Visa Elektronik (DS-160) dan mencetak lembar halaman konfirmasi yang dibawa pada saat anda wawancara. Halaman konfirmasi DS-160 harus dicetak di kertas ukuran surat atau A4 dengan format portrait di mesin pencetak yang memiliki resolusi tinggi, dengan demikian staf Kedutaan dapat memanggil (scan) barcode pada jadwal wawancara anda.

Selama pengisian aplikasi DS-160 secara online, harap selalu menyimpan data (save) ke dalam komputer anda. Isi semua informasi yang diperlukan secara lengkap dan benar, termasuk dalam memilih jenis visa yang sesuai. Aplikasi DS-160 anda akan diperiksa oleh staf Kedutaan pada waktu anda datang untuk wawancara. Apabila aplikasi DS-160 tidak lengkap, atau dalam pengisiannya ada kesalahan informasi lebih dari dua kesalahan, maka jadwal wawancara anda akan ditunda. Anda tidak dapat memperbaiki atau mengisi informasi tambahan pada aplikasi DS-160 di Kedubes AS. Ikuti saran-saran berikut untuk menghindari kesalahan penulisan yang sering terjadi:

  • Pada penulisan nomor paspor, JANGAN memberi spasi atau jarak antara huruf dengan angka. Nomor paspor harus ditulis seperti R000000, JANGAN R 000000 (perhatikan kesalahan jarak pada huruf).
  • Gunakan menu dropdown untuk penulisan kota dimana paspor anda diterbitkan secara lengkap/benar, seperti yang tertulis di dalam paspor, contoh: Jakarta Pusat atau Soekarno Hatta, BUKAN Jakarta.
  • Pilih jenis visa yang sesuai/benar, contoh: apabila anda ingin mengajukan visa pelajar, maka anda harus memilih F1. Lihat halaman jenis-jenis visa.
  • Anda harus menulisapabila sebelumnya anda pernah ditolak untuk mendapatkan visa.
  • Apabila diminta, harap mengisi secara lengkap semua sejarah pendidikan anda. Tuliskan semua informasi mengenai pendidikan yang anda hadiri, mulai dari SMP, SMA, sampai pendidikan terakhir anda.

3. Mengatur jadwal wawancara

Login ke sistem jadwal wawancara online kami di http://www.ustraveldocs.com/id/untuk mengatur jadwal wawancara, dengan klik bagian “Go to Schedule Appointment”dan ikuti petunjuk-petunjuk yang ada di situs tersebut.

  • Membuat jadwal wawancara untuk setiap pemohon visa, termasuk anak anak.
  • Pemohon visa non-imigran yang berusia dibawah 14 tahun atau berusia 80 tahun ke atas, tidak perlu datang untuk wawancara. Keluarga langsung (orang tua, suami/istri, atau anak) dapat mewakili penyerahan aplikasi dan paspor. Orang lain yang tidak memohon dan tidak mewakili keluarga langsung akan ditolak masuk dengan alasan keterbatasan ruang dan keamanan.
  • Ajukan permohonan visa anda lebih awal jika anda berencana berkunjung ke AS. Umumnya visa non-imigran dapat digunakan untuk beberapa kali perjalanan dan berlaku 5 tahun, untuk itu anda tidak perlu menunggu sampai anda memiliki tanggal perjalanan yang pasti.
  • Cetak lembar konfirmasi jadwal wawancara dan bawa pada saat wawancara.

4. Siapkan dokumen-dokumen yang harus dibawa pada saat wawancara

Setiap pemohon visa non-imigran harus membawa dokumen-dokumen berikut:

  • Halaman konfirmasi jadwal wawancara
  • Paspor dengan masa berlaku 6 bulan, tidak termasuk masa keberadaan anda di AS.
  • Tanda bukti pembayaran dari Bank Standard Chartered atau Bank Permata untuk setiap pemohon visa.
  • Halaman konfirmasi DS-160 dicetak pada kertas ukuran surat atau A4 dalam format portrait.
  • Satu lembar foto terbaru, ukuran 5cm x 5cm, dengan latar belakang warna putih. Lihat Foto Untuk Visa.
  • Untuk pelajar atau pertukaran kunjungan (visa jenis F, M, J):o I-20, I-20M atau DS-2019o Bukti pembayaran SEVIS, dibayar di Student and Exchange Visitor Program:biaya SEVIS I-901.o Bukti kepemilikan dana untuk membiayai pendidikan, paling sedikit satu tahun pertama biaya pendidikan, dan biaya hidup.
  • Untuk visa pekerja sementara atau perpindahan (visa jenis H, L, O, P , Q):o Dokumen “Notice of Action” (I-797).
  • Apabila anda sebelumnya pernah tinggal di AS: perlihatkan dokumen yang dapat membuktikan status keimigrasian atau status visa anda, dokumen resmi dari Departemen Homeland Security (DHS).
  • Catatan kriminal/pengadilan atas setiap penangkapan atau hukuman dimanapun, walaupun anda telah dibebaskan atau telah diberi pengampunan di kemudian hari.
  • Suami/istri dan anak harus menyertakan akte kelahiran, akte nikah, dan fotokopi visa milik orangtua/suami/istri yang masih berlaku.

Dokumen-dokumen dibawah ini adalah dokumen tambahan saja, yang pada dasarnya tidak diperlukan dalam peraturan, tetapi dengan adanya dokumen-dokumen ini dapat membantu Pejabat Konsul untuk mengevaluasi aplikasi anda menjadi lebih cepat. Harap membawa dokumen asli, jangan berupa surat keterangan saja:

  • Bukti terbaru atas pendapatan, pembayaran NPWP, kepemilikan properti atau badan usaha, atau aset; buku tabungan atau rekening koran; surat keterangan bank atau deposito;
  • Surat dari perusahaan yang menjelaskan mengenai jabatan, pendapatan perbulan, masa kerja, ijin masa cuti; dan apabila untuk tujuan bisnis, jelaskan apa tujuan anda ke AS.
  • Rencana perjalanan ke AS

5. Melapor ke wawancara

Anda harus melapor ke pintu gerbang Kedubes AS, Jalan Medan Merdeka Selatan 5, tidak lebih dari 15 menit lebih awal dari jadwal wawancara anda. Semua pemohon visa non-imigran harus datang sendiri untuk wawancara dan pengambilan sidik jari (kecuali pemohon visa A1, A2, G1, G2, G3, G4, NATO dan C3, dan bagi pemohon visa non-imigran yang berusia dibawah 14 tahun atau berusia 80 tahun ke atas). Tahap akhir dari proses jadwal wawancara anda adalah diwawancara oleh Pejabat Konsul AS.

Pada akhir wawancara, anda akan menerima salah satu dari dokumen berwarna berikut ini:

  • Putih, berarti bahwa aplikasi disetujui dan menjelaskan bagaimana dapat mengambil paspor anda yang sudah ada visa.
  • Hijau, berarti bahwa anda diminta datang kembali untuk memberikan informasi tambahan sebelum Pejabat Konsul membuat keputusan.
  • Kuning, berarti bahwa permohonan visa anda dikenakan proses administrasi tambahan dan kami akan memberitahu anda apabila prosesnya telah selesai. Umumnya proses administrasi tambahan selesai dalam waktu 60 hari, meskipun jangka waktu proses berbeda disesuaikan dengan keadaan dari masing-masing permohonan visa.
  • Merah muda, berarti bahwa pada saat ini anda belum memenuhi syarat untuk mendapatkan visa non-imigran.
  • Biru, apabila pengisian aplikasi tidak lengkap, anda diberi kesempatan untuk kembali dengan aplikasi yang sudah lengkap.

SARAN TAMBAHAN UNTUK JADWAL WAWANCARA VISA NON-IMIGRAN

  • Jangan gugup. Tujuan kami adalah memberikan pelayanan visa non-imigran seramah dan seefisien mungkin. Harap diingat bahwa 90% warganegara Indonesia memenuhi syarat untuk mendapatkan visa non-imigran.
  • Ingat bahwa visa kunjungan jenis B adalah visa hanya untuk kunjungan singkat dan menetap sementara di AS. Pemegang visa ini tidak memiliki hak untuk bekerja, belajar, menetap atau merubah ke status lain. Ada visa-visa jenis tertentu untuk tujuan lain, dan Undang-Undang AS mengharuskan anda memiliki jenis visa yang sesuai dengan tujuan anda masuk ke AS.
  • Datang sendiri. Keluarga, teman-teman, rekan kerja atau majikan (termasuk warga negara AS) yang tidak memohon visa tidak diperbolehkan masuk Kedutaan dengan anda.
  • Anda tidak perlu surat jaminan. Berdasarkan Undang-Undang AS, tidak seorangpun di Indonesia atau di AS atau di manapun juga, terlepas dari memiliki hubungan dengan pemohon visa atau apapun pangkat jabatan mereka, dapat menjamin anda untuk mendapatkan visa. Setiap pemohon visa dianggap bertanggung jawab atas dirinya sendiri.
  • Jangan bawa dokumen-dokumen atau surat keterangan palsu, atau menggunakan calo atau agen. Setiap pemohon visa bertanggung jawab atas seluruh aplikasi visa non-imigran, dokumen-dokumen atau pernyataannya sendiri, walaupun orang lain membantu menyiapkan aplikasi anda. Membuat pernyataan palsu ke Pemerintah AS adalah suatu tindak kejahatan dan dapat mengakibatkan anda tidak dapat memperoleh visa AS selamanya. Setiap pemohon visa non-imigran yang membawa dokumen-dokumen palsu akan kami serahkan ke Polisi.

Keamanan di Kedutaan AS:

Pengawasan ketat akan dilakukan pada saat memasuki wilayah Pemerintah AS, sama seperti pada saat malakukan perjalanan ke luar negeri. Harap tidak membawa barang-barang berikut ini karena tidak tersedia tempat penitipan baik di dalam maupun disekitar Kedubes AS:

  • Semua barang yang dioperasikan dengan baterai atau peralatan elektronik, seperti telepon genggam, agenda digital, jam tangan digital, pager, kamera, kaset/video, compact discs, MP3, floppies, laptop, palmtop atau berbagai jenis peralatan untuk mendengarkan music.
  • Semua tas berukuran besar, seperti tas travel, tas ransel, tas kulit, koper, tas rajutan/bahan dan tas dengan ristleting. Hanya diperbolehkan membawa folder plastik yang memuat aplikasi dan dokumen-dokumen pendukung.
  • Membawa berbagai jenis makanan. Air minum tersedia. Makanan kecil dapat dibeli di Kedubes AS.
  • Amplop tertutup atau bingkisan.
  • Rokok/cerutu/korek api/semua yg mudah terbakar.
  • Semua jenis benda tajam, seperti gunting, pisau atau gunting kuku.
  • Senjata tajam atau segala jenis bahan peledak.

Daftar barang-barang di atas tidak bersifat final. Semua pengunjung dan barang bawaannya akan melalui proses pemeriksaan. Barang-barang jenis lainnya juga dapat dilarang masuk berdasarkan kebijakan pihak keamanan. Kedubes AS tidak menyediakan tempat penitipan untuk barang- barang yang dilarang tersebut.

Apabila anda memiliki pertanyaan mengenai aplikasi atau jadwal wawancara, silahkan lihat Pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan mengenai Aplikasi Visa Elektronik (DS-160). Anda juga dapat menghubungi pusat informasi (call center): 007-803-601-5235, dari jam 7 pagi sampai jam 7 malam, Senin-Jumat, kecuali hari libur Amerika dan Indonesia , atau email ke support-indonesia@ustraveldocs.com.

http://indonesian.jakarta.usembassy.gov/id/visas/mengajukan_visa.html

158 thoughts on “Apply Visa Amerika : Mendebarkan tapi tak serumit yang dibayangkan”

  1. Thanks for sharing nya pak Toto. Calon suami saya pemegang green card di US. Mohon sarannya supaya saya bisa langsung berangkat ke US setelah pernikahan kami di Indo? Visa tipe apa yang harus saya ajukan?

    1. Zefa,
      Sepertinya Anda akan tinggal lama di sana. Jenis visa bisa dilihat di link Kedubes USA, yang jelas masuk Visa Immigrant

  2. pak toto, saya berencana mengajukan visa B1. Untuk dokumen tambahan seperti tabungan, apa boleh kalau saya menggunakan keterangan tabungan teman saya yang ada di amerika, karena kebetulan dia yang akan membiayai perjalanannya.

    1. Astrid, bookingan tiket tidak diperlukan, yang lbh penting dokumen2 pendukung untuk meyakinkan bahwa kita layak diberi visa. baca juga komentar2 yang lain

  3. Selamat malam.. pak toto .. Saya mau kerja di kapal pesiar amerika , pertanyaan saya , apa saja yg di tanyakan conselor di pembuatan visa di surabaya ? Terima kasih

    1. Hery, saya tak tahu persis apa yang akan ditanyakan. Tapi saya kira akan banyak menanyakan tentang perushaan yang akan mempekerjakan Anda. Bawa kontrak kerja, dan cari informasi sebanyak-nya ttg persh itu.

  4. saya dengar katanya sbelum interview agar menyiapkan bukti keuangan kita 3 bln terakhir. kebetulan keuangan sy investasikan kebanyakan dalam bentuk emas LM. Lalu bagaimana membuktikan dan meyakinkan bahwa barang tersebut adalah milik sy. Mengingat dlm sertifikat tersebut tidak tertulis nama pemiliknya. saya khawatir akan meragukan petugas konselor pada saat wawancara akan keuangan sy. Mohon pencerahannya. terimakasih

    1. Ira, petugas interview tidak selalu menanyakan bukti keuangan. Bisa juga dalam bentuk yang lain, seperti sertifikat tanah, BPKP kendaraan.

  5. P Toto, mohon bantuan nya kami saya dan kakak ada rencana untuk apply visa ke USA, apakah bisa kami mengajukan aplikasi famili atau group, karena yang mengundang juga adik kami yg menikah dan tinggal disana.

    Terimakasih
    Ana

      1. Pak Toto, saya ingin bertanya. Suami saya adalah seorang warga amerika, jenis VISA apa yang cocok untuk saya? VISA sebagai Turis atau sebagai ISTRI dari salah seorang warga AMERIKA? Mohon sarannya Pak, agar saya jangan sampai salah pilih dan di tolak.

  6. Pak Toto, saya baru menikah dgn pria Amerika dan berencana mau mengajukan VISA US bulan februari ini karena akan ikut suami mengunjungi ortu & kerabatnya di New Orleans pada bulan Mei/juni ini. Pertanyaan saya, apakah saya harus membayar VISA itu dulu di Bank baru kemudian meng apply VISA secara online dan membuat jadwal wawancara? Kira2 masih cukup waktu gak Pak? Saya hanya sekitar 3 minggu disana, VISA apa yang tepat untuk saya ajukan? Terima kasih atas atensinya.

    1. Rini,
      Bayar ke Bank sebelum membuat jadwal wawancara. Saran saya, isi form dulu, bayar ke bank, kemudian buat janji wawancara. Ini tergantung jadwal wawancara-nya saja, kadang sudah penuh duluan.

  7. Pak toto, sekita 10 tahun lalu saya pernah di deportasi dari autsralia, terus skr saya mau mengajukan visa US utk sekolah. nah pertanyaan saya apakah track record saya y 10 tahun lalu akan menhambat saya dalam mendapatkan visa US utk sekolah? dan satu lg pak, apakah pengurusan visa di Embassy US di Surabaya memberikan peluang lebih besar dari pada pengurusan di Embassy US di Jakarta?
    Terima kasih byk pak toto….

    1. Hi John,
      Di aplikasi memang tidak ditanyakan apakah pernah dideportasi dari Negara lain selain US. Untuk Visa Student, jika ada surat dari Uni mungkin bias bantu.

      Lolos tidaknya visa terkadang sangat tergantung counselor yg interview, untuk itu jika interview di Konsulat US di Surabaya tidak pasti lebih mudah. Hanya saja untuk Surabaya antrian pasti lebih sedikit disbanding US Embassy Jkt

  8. Pak, untuk bagian
    Address where you will be staying in US

    Kalau misalnya blum diketahui alamatnya (karna belum pilih tour), hrs diisi apa?
    Trims.

  9. Pak Toto, bagaimana kemungkinannya kalau saya urus visa on arrival untuk US ketika saya mendarat di Vancouver?
    Trims..

    1. Irma, bias saja diurus di Canada, tapi system mereka online, jadi kemungkinan disetujui juga tidak dapat dipastikan. Coba saja

  10. Help dong,
    Apply visa US ku hr ini di reject. Di kertas pink itu dikasih cross mark di option no.1.
    Jd intinya aku ga bs menjelaskan siapa orang yg ku masukkan datanya sebagai warga negara US.
    Jadi adikku dan teman kantornya, mereka berdua ingin melakukan perjalanan ke Canada dan US dgn durasi 14days.
    7hari di Canada dan 7hari di US.
    Di Canada ada teman mereka yang tinggal disana karena memang dipindahtugaskan dari Jakarta ke Calgary. Aku mengajukan cuti dari kantor untuk ikut holiday trip mereka.
    Visa Canada sudah di tangan.
    Di US, kami akan mengunjungi kakak dari teman adikku.
    Dan aku kayaknya gagal menjelaskan hubungan kakaknya teman adikku ke conselor US. Jd direject.
    Dan mungkin aku kurang meyakinkan conselor bahwa aku akan pulang sesuai tanggal di itinerary, jd mgkn dia mengira aku akan jd immigrant disana (ga mungkin bangeeettt).
    Aku rencananya mau apply lg tgl 2 januari ini.
    Boleh gak sih? Dan bagaimana persentase kemungkinan diterimanya?
    Pengen banget ke US :'(

    1. Hai Irma,
      Staf saya pernah mengalami hal yang mirip, cuma bedanya diberikan warna kuning bukan merah muda. Seminggu berikutnya apply lagi dengan melengkapi beberapa syarat yang diduga kurang. Dan hasilnya tetap tidak disetujui. Mungkin ini bias jadi gambaran berapa peluang-nya.
      Namun, jika ada surat sponsor dari teman yang sudah ada di US mungkin bias menambah peluang disetujui.

      1. Thanks reply nya ya.
        Aku sudah memutuskan untuk tidak re-apply dulu deh.
        Aku akan stay di Calgary aja sambil nunggu yang lain jalan2 ke NYC :'(

        Maybe USA is not for me now. Hehehe..
        Blog nya sangat helpful. Fast response. Thumbs up :))

  11. pak toto,saya khan mau ke kanada untuk kerja,bagaimana untuk mengetahui apa visa kita sudah turun?

    1. Dedi,
      Apakah sudah apply Visa? Ataukah ada pemberitahuan dari pemberi kerja? Hanya itu yg bisa mengetahui Visa turun atau tidak

  12. Pak Toto, baru2 ini saya dapat tawaran pekerjaan di amerika. Nah yang saya belum jelas, visa apa yg harus saya ambil dan untuk work permit apa yang harus saya lakukan.

  13. Mlm pak Toto, sy mau tanya dokumen apa aja u pengajuan visa suami istri sedangkan istri tdk berkerja / ibu rumah tangga. Tks

    1. Lina, selain passport persyaratan lain ikut suami. Buat jadwal interview sebagai group, suami-istri akan diinterview bersamaan

  14. Dear Pak Toto, saya sdh apply nih cuma yg msh bingung untuk jadwal wawancara itu gmn ya caranya? Apakah lgsg dtg ke embassy saja?

  15. selamat sore mas toto..
    saya mau menagajukan visa K1 semua berkas calon suami saya yang urus dari amerika dan dikirim ke indonesia leewat email.itu bisa tidak ya?
    terus yang mau saya tanyakan lagi saya sudah pernah menikah tapi KK dan KTP saya beda status di KK sudah menikah dan di KTP belum…terus sebenernya saya sudah bercerai…surat cerainya pun ada?itu jadi permasalahan tidak ya?terima kasih

    1. Risma, visa menggunakan patokan data di Passport. Nah saat mengajukan Visa berkas-berkas sebaiknya yg asli untuk menghindari pertanyaan lain-lain

  16. pak toto,thn 2005 sy pnya visa USA tp dr paspor laut krn pd waktu itu sy apply dr agen kapal pesiar tetepi sy tdk jd berngkat krn ada urusan keluarga yg tidak bisa di tinggalkan,nakh pertanyaan sy,dlm wktu dkt ini sy ingin apply visa lg tetapi paspor sy sudah di endors menjadi paspor umum,kira kira apakah visa sy di setujui atau tidak,mohon info nya,trins

    1. Marsose, sudah untuk dipastikan disetujui atau tidak. Hanya saja jika apply sampaikan saja pernah dapat visa dan alasan tidak digunakan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s