Apply Visa Amerika : Mendebarkan tapi tak serumit yang dibayangkan

Mengajukan Visa selalu mendebarkan apalagi untuk negara-negara yang dikenal ketat. Bagaimana dengan Visa Amerika? Apply visa Amerika dikenal sulit seperti halnya Visa ke Inggris dan Schengen. Cerita kegagalan mendapat Visa ke negara-negara itu jamak terdengar. Persyaratan yang ketat, isian formulir yang sangat banyak kadang sudah membuatnya gentar. Seseram itukah? Mungkin saja tidak, sebab menurut Kedutaan Amerika hanya 10% pengajuan Visa yang harus ditolak. April 2012 saya mengajukan Visa Amerika untuk rencana perjalanan mendadak. Isian formulir memang sangat banyak tapi prosesnya relatif cepat, beberapa proses dilakukan dengan online, diantaranya mengisi formulir dan membuat janji wawancara. Bahkan pelacakan dokumen dapat dilakukan secara online. Persetujuan Visa dapat diketahui langsung pada akhir wawancara. Dan, 2 hari setelah wawancara paspor yang telah ditempel Visa sudah sampai di kantor saya. 

Sebenarnya panduan pengajuan visa di situs kedutaan Amerika sudah sangat jelas dan detil. Disiapkan 2 bahasa, Inggris dan Indonesia. Seperti yang saya alami, dari beberapa kali mengajukan visa ke negara lain, mengajukan visa ke Amerika Serikat ini masuk yang paling mendebarkan. Tidak seperti pengurusan Visa ke Inggris, Australia dan China, lokasi pengurusan Visa ini sementara berada dalam Kedutaan Amerika sehingga keamanan sangat ketat, termasuk tidak diperbolehkan membawa telepon seluler ke dalam lokasi. Dalam waktu dekat lokasi pengurusan Visa akan segera dipindah ke Jl Dr Satrio, tak lagi berada di komplek kedutaan. Namun demikian sebenarnya sekuriti kedubes ini sangat ramah dan membantu, mulai dari antrian di luar kedutaan sebelum hingga keluar kedutaan.

Secara ringkas proses pengajuan Visa (Visa B1/2) dibagi dalam beberapa langkah :

  1. Membayar biaya Visa di Standard Chartered Bank atau Bank Permata. Slip setoran akan memuat kode pembayaran yang akan digunakan saat membuat jadwal wawancara.
  2. Mengisi formulir DS-160 secara online. Isi formulir ini selengkap dan seakurat mungkin. Konselor akan menggunakan informasi ini untuk persetujuan visa. Nah jika dirasakan kurang biasanya akan ditanyakan dokumen-dokumen pendukung.
  3. Buat jadwal wawancara online. Jika Anda mengajukan visa secara group atau satu keluarga, buat jadwal wawancara berdasarkan group. Ini akan memudahkan group/keluarga saat wawancara.
  4. Sembari menunggu jadwal wawancara siapkan dokumen-dokumen yang mungkin diperlukan saat wawancara nanti. Saat wawancara bawa serta dokumen-dokumen pendukung jika ditanyakan oleh konselor.
  5. Datang ke kedutaan sesuai jadwal :
    1. Datang ke kedutaan sesuai jadwal yang sudah dibuat. Bawa konfirmasi jadwal wawancara dan tunjukkan ke petugas untuk dilakukan pemeriksaan jadwal Anda. Sebelum masuk kedutaan Anda harus antri terlebih dulu, petugas akan mempersilakan masuk berkelompok.
    2. Setelah melewati pintu masuk Anda akan diperiksa termasuk barang bawaan. Telepon seluler harus dititipkan di sini. Tidak diperkenankan membawa minuman dan barang-barang terlarang lainnya.
    3. Lolos dari pemeriksaan selanjutnya antri untuk penyerahan dokumen awal. Ada 4 loket tersedia di sana. Sebelum giliran akan ada petugas yang membatu Anda untuk menyiapkan dokumen yang diperlukan di loket, diantaranya foto 5×5 cm dengan latar belakang putih.
    4. Menyerahkan berkas di loket yang diantaranya adalah paspor dan bukti isian formulir yang sudah ditempel foto. Sertakan juga paspor lama Anda di loket ini. Anda akan diberikan nomor group yang tercetak dalam karton tebal.
    5. Selepas loket Anda menuju antrian wawancara. Tersedia ruang terbuka dengan kursi cukup banyak. Disediakan air minum, Anda juga bisa membeli makanan ringan disini.
    6. Memasuki ruang wawancara. Petugas akan memanggil seusia groupnya. Ada 2 aktifitas di ruangan ini yakni pengambilan sidik jari dan wawancara. Wawancara dilakukan per group dengan posisi antrian berdiri ke belakang. Anda akan dengan jelas mendengarkan wawancara antrian di depan Anda. Konselor terkadang menanyakan dokumen pendukung. Saya cukup beruntung sebab dokumen-dokumen pendukung yang sudah saya ternyata tidak ditanyakan saat wawancara. Inilah saat yang mendebarkan itu.
    7. Seusai wawancara akan langsung diberi tahu persetujuan visa. Akan diberikan warna putih jika disetujui, warna merah muda jika ditolak. Jika konselor memberikan warna kuning berarti masih diperlukan lagi tambahan informasi atau dokumen sebelum mengambil keputusan.
  6. Menunggu paspor dalam 2 – 4 hari setelah wawancara. Paspor bisa diambil di RPX yang ditunjuk atau dikirim via kurir ke rumah atau kantor. Anda dapat memilihnya saat membuat jadwal wawancara online. Bahkan masih diberi kesempatan merubah pilihan pengiriman hingga pukul 23.59 di hari wawancara.

Di samping tips ringkas di atas sebaiknya Anda baca semua petunjuk di  website Kedutaan Amerika di Jakarta. Berikut beberapa diantaranya :

Cara Mengajukan Permohonan Visa Non-Imigran

Harap mengikuti lima langkah berikut mengenai pengajuan visa. Harap baca juga Saran tambahan mengenai pengajuan visa.

  1. Membayar biaya pengajuan visa non-imigran
  2. Melengkapi Aplikasi Visa Elektronik Non-Immigrant (DS-160)
  3. Membuat jadwal wawancara secara online
  4. Mengumpulkan dokumen-dokumen yang akan dibawa pada saat wawancara
  5. Kehadiran secara pribadi di Kedubes AS dengan membawa halaman konfirmasi DS-160; halaman konfirmasi jadwal wawancara; satu foto terbaru; paspor yang berlaku dan semua paspor lama, dan semua dokumen dokumen yang diperlukan sesuai dengan kategori visa yang anda ajukan.

1. Membayar biaya visa non-imigran YANG TIDAK DAPAT DIKEMBALIKAN

Membayar biaya visa non-imigran di Bank Standard Chartered atau Bank Permata. Pembayaran dilakukan maksimum dua belas bulan sebelum jadwal wawancara anda. Untuk mengetahui informasi mengenai biaya-biaya visa yang terbaru harap lihat di: http://www.ustraveldocs.com/id_bi/id-niv-visafeeinfo.asp

  • Klik disini mengenai prosedur cara-cara melakukan pembayaran visa dalam Bahasa Inggris atau Indonesia.
  • Membayar biaya visa perorangan. Jangan menggabungkan pembayaran untuk keluarga atau kelompok dalam satu bukti pembayaran.
  • Jangan membayar biaya tambahan lainnya di Bank Standard Chartered atau Bank Permata.
  • Jangan melakukan pembayaran di bank lain.
  • Pemegang paspor Diplomatik yang akan mengajukan permohonan visa jenis apapun, dan pemohon visa jenis A, G, C-3, NATO dan J (hanya untuk kantor-kantor yang resmi berpartisipasi pada program pertukaran yang disponsori oleh Pemerintah AS), tidak harus membayar.

2. Melengkapi Aplikasi Visa Elektronik Non-Imigran (DS-160)

Mengisi secara online Aplikasi Visa Elektronik (DS-160) dan mencetak lembar halaman konfirmasi yang dibawa pada saat anda wawancara. Halaman konfirmasi DS-160 harus dicetak di kertas ukuran surat atau A4 dengan format portrait di mesin pencetak yang memiliki resolusi tinggi, dengan demikian staf Kedutaan dapat memanggil (scan) barcode pada jadwal wawancara anda.

Selama pengisian aplikasi DS-160 secara online, harap selalu menyimpan data (save) ke dalam komputer anda. Isi semua informasi yang diperlukan secara lengkap dan benar, termasuk dalam memilih jenis visa yang sesuai. Aplikasi DS-160 anda akan diperiksa oleh staf Kedutaan pada waktu anda datang untuk wawancara. Apabila aplikasi DS-160 tidak lengkap, atau dalam pengisiannya ada kesalahan informasi lebih dari dua kesalahan, maka jadwal wawancara anda akan ditunda. Anda tidak dapat memperbaiki atau mengisi informasi tambahan pada aplikasi DS-160 di Kedubes AS. Ikuti saran-saran berikut untuk menghindari kesalahan penulisan yang sering terjadi:

  • Pada penulisan nomor paspor, JANGAN memberi spasi atau jarak antara huruf dengan angka. Nomor paspor harus ditulis seperti R000000, JANGAN R 000000 (perhatikan kesalahan jarak pada huruf).
  • Gunakan menu dropdown untuk penulisan kota dimana paspor anda diterbitkan secara lengkap/benar, seperti yang tertulis di dalam paspor, contoh: Jakarta Pusat atau Soekarno Hatta, BUKAN Jakarta.
  • Pilih jenis visa yang sesuai/benar, contoh: apabila anda ingin mengajukan visa pelajar, maka anda harus memilih F1. Lihat halaman jenis-jenis visa.
  • Anda harus menulisapabila sebelumnya anda pernah ditolak untuk mendapatkan visa.
  • Apabila diminta, harap mengisi secara lengkap semua sejarah pendidikan anda. Tuliskan semua informasi mengenai pendidikan yang anda hadiri, mulai dari SMP, SMA, sampai pendidikan terakhir anda.

3. Mengatur jadwal wawancara

Login ke sistem jadwal wawancara online kami di http://www.ustraveldocs.com/id/untuk mengatur jadwal wawancara, dengan klik bagian “Go to Schedule Appointment”dan ikuti petunjuk-petunjuk yang ada di situs tersebut.

  • Membuat jadwal wawancara untuk setiap pemohon visa, termasuk anak anak.
  • Pemohon visa non-imigran yang berusia dibawah 14 tahun atau berusia 80 tahun ke atas, tidak perlu datang untuk wawancara. Keluarga langsung (orang tua, suami/istri, atau anak) dapat mewakili penyerahan aplikasi dan paspor. Orang lain yang tidak memohon dan tidak mewakili keluarga langsung akan ditolak masuk dengan alasan keterbatasan ruang dan keamanan.
  • Ajukan permohonan visa anda lebih awal jika anda berencana berkunjung ke AS. Umumnya visa non-imigran dapat digunakan untuk beberapa kali perjalanan dan berlaku 5 tahun, untuk itu anda tidak perlu menunggu sampai anda memiliki tanggal perjalanan yang pasti.
  • Cetak lembar konfirmasi jadwal wawancara dan bawa pada saat wawancara.

4. Siapkan dokumen-dokumen yang harus dibawa pada saat wawancara

Setiap pemohon visa non-imigran harus membawa dokumen-dokumen berikut:

  • Halaman konfirmasi jadwal wawancara
  • Paspor dengan masa berlaku 6 bulan, tidak termasuk masa keberadaan anda di AS.
  • Tanda bukti pembayaran dari Bank Standard Chartered atau Bank Permata untuk setiap pemohon visa.
  • Halaman konfirmasi DS-160 dicetak pada kertas ukuran surat atau A4 dalam format portrait.
  • Satu lembar foto terbaru, ukuran 5cm x 5cm, dengan latar belakang warna putih. Lihat Foto Untuk Visa.
  • Untuk pelajar atau pertukaran kunjungan (visa jenis F, M, J):o I-20, I-20M atau DS-2019o Bukti pembayaran SEVIS, dibayar di Student and Exchange Visitor Program:biaya SEVIS I-901.o Bukti kepemilikan dana untuk membiayai pendidikan, paling sedikit satu tahun pertama biaya pendidikan, dan biaya hidup.
  • Untuk visa pekerja sementara atau perpindahan (visa jenis H, L, O, P , Q):o Dokumen “Notice of Action” (I-797).
  • Apabila anda sebelumnya pernah tinggal di AS: perlihatkan dokumen yang dapat membuktikan status keimigrasian atau status visa anda, dokumen resmi dari Departemen Homeland Security (DHS).
  • Catatan kriminal/pengadilan atas setiap penangkapan atau hukuman dimanapun, walaupun anda telah dibebaskan atau telah diberi pengampunan di kemudian hari.
  • Suami/istri dan anak harus menyertakan akte kelahiran, akte nikah, dan fotokopi visa milik orangtua/suami/istri yang masih berlaku.

Dokumen-dokumen dibawah ini adalah dokumen tambahan saja, yang pada dasarnya tidak diperlukan dalam peraturan, tetapi dengan adanya dokumen-dokumen ini dapat membantu Pejabat Konsul untuk mengevaluasi aplikasi anda menjadi lebih cepat. Harap membawa dokumen asli, jangan berupa surat keterangan saja:

  • Bukti terbaru atas pendapatan, pembayaran NPWP, kepemilikan properti atau badan usaha, atau aset; buku tabungan atau rekening koran; surat keterangan bank atau deposito;
  • Surat dari perusahaan yang menjelaskan mengenai jabatan, pendapatan perbulan, masa kerja, ijin masa cuti; dan apabila untuk tujuan bisnis, jelaskan apa tujuan anda ke AS.
  • Rencana perjalanan ke AS

5. Melapor ke wawancara

Anda harus melapor ke pintu gerbang Kedubes AS, Jalan Medan Merdeka Selatan 5, tidak lebih dari 15 menit lebih awal dari jadwal wawancara anda. Semua pemohon visa non-imigran harus datang sendiri untuk wawancara dan pengambilan sidik jari (kecuali pemohon visa A1, A2, G1, G2, G3, G4, NATO dan C3, dan bagi pemohon visa non-imigran yang berusia dibawah 14 tahun atau berusia 80 tahun ke atas). Tahap akhir dari proses jadwal wawancara anda adalah diwawancara oleh Pejabat Konsul AS.

Pada akhir wawancara, anda akan menerima salah satu dari dokumen berwarna berikut ini:

  • Putih, berarti bahwa aplikasi disetujui dan menjelaskan bagaimana dapat mengambil paspor anda yang sudah ada visa.
  • Hijau, berarti bahwa anda diminta datang kembali untuk memberikan informasi tambahan sebelum Pejabat Konsul membuat keputusan.
  • Kuning, berarti bahwa permohonan visa anda dikenakan proses administrasi tambahan dan kami akan memberitahu anda apabila prosesnya telah selesai. Umumnya proses administrasi tambahan selesai dalam waktu 60 hari, meskipun jangka waktu proses berbeda disesuaikan dengan keadaan dari masing-masing permohonan visa.
  • Merah muda, berarti bahwa pada saat ini anda belum memenuhi syarat untuk mendapatkan visa non-imigran.
  • Biru, apabila pengisian aplikasi tidak lengkap, anda diberi kesempatan untuk kembali dengan aplikasi yang sudah lengkap.

SARAN TAMBAHAN UNTUK JADWAL WAWANCARA VISA NON-IMIGRAN

  • Jangan gugup. Tujuan kami adalah memberikan pelayanan visa non-imigran seramah dan seefisien mungkin. Harap diingat bahwa 90% warganegara Indonesia memenuhi syarat untuk mendapatkan visa non-imigran.
  • Ingat bahwa visa kunjungan jenis B adalah visa hanya untuk kunjungan singkat dan menetap sementara di AS. Pemegang visa ini tidak memiliki hak untuk bekerja, belajar, menetap atau merubah ke status lain. Ada visa-visa jenis tertentu untuk tujuan lain, dan Undang-Undang AS mengharuskan anda memiliki jenis visa yang sesuai dengan tujuan anda masuk ke AS.
  • Datang sendiri. Keluarga, teman-teman, rekan kerja atau majikan (termasuk warga negara AS) yang tidak memohon visa tidak diperbolehkan masuk Kedutaan dengan anda.
  • Anda tidak perlu surat jaminan. Berdasarkan Undang-Undang AS, tidak seorangpun di Indonesia atau di AS atau di manapun juga, terlepas dari memiliki hubungan dengan pemohon visa atau apapun pangkat jabatan mereka, dapat menjamin anda untuk mendapatkan visa. Setiap pemohon visa dianggap bertanggung jawab atas dirinya sendiri.
  • Jangan bawa dokumen-dokumen atau surat keterangan palsu, atau menggunakan calo atau agen. Setiap pemohon visa bertanggung jawab atas seluruh aplikasi visa non-imigran, dokumen-dokumen atau pernyataannya sendiri, walaupun orang lain membantu menyiapkan aplikasi anda. Membuat pernyataan palsu ke Pemerintah AS adalah suatu tindak kejahatan dan dapat mengakibatkan anda tidak dapat memperoleh visa AS selamanya. Setiap pemohon visa non-imigran yang membawa dokumen-dokumen palsu akan kami serahkan ke Polisi.

Keamanan di Kedutaan AS:

Pengawasan ketat akan dilakukan pada saat memasuki wilayah Pemerintah AS, sama seperti pada saat malakukan perjalanan ke luar negeri. Harap tidak membawa barang-barang berikut ini karena tidak tersedia tempat penitipan baik di dalam maupun disekitar Kedubes AS:

  • Semua barang yang dioperasikan dengan baterai atau peralatan elektronik, seperti telepon genggam, agenda digital, jam tangan digital, pager, kamera, kaset/video, compact discs, MP3, floppies, laptop, palmtop atau berbagai jenis peralatan untuk mendengarkan music.
  • Semua tas berukuran besar, seperti tas travel, tas ransel, tas kulit, koper, tas rajutan/bahan dan tas dengan ristleting. Hanya diperbolehkan membawa folder plastik yang memuat aplikasi dan dokumen-dokumen pendukung.
  • Membawa berbagai jenis makanan. Air minum tersedia. Makanan kecil dapat dibeli di Kedubes AS.
  • Amplop tertutup atau bingkisan.
  • Rokok/cerutu/korek api/semua yg mudah terbakar.
  • Semua jenis benda tajam, seperti gunting, pisau atau gunting kuku.
  • Senjata tajam atau segala jenis bahan peledak.

Daftar barang-barang di atas tidak bersifat final. Semua pengunjung dan barang bawaannya akan melalui proses pemeriksaan. Barang-barang jenis lainnya juga dapat dilarang masuk berdasarkan kebijakan pihak keamanan. Kedubes AS tidak menyediakan tempat penitipan untuk barang- barang yang dilarang tersebut.

Apabila anda memiliki pertanyaan mengenai aplikasi atau jadwal wawancara, silahkan lihat Pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan mengenai Aplikasi Visa Elektronik (DS-160). Anda juga dapat menghubungi pusat informasi (call center): 007-803-601-5235, dari jam 7 pagi sampai jam 7 malam, Senin-Jumat, kecuali hari libur Amerika dan Indonesia , atau email ke support-indonesia@ustraveldocs.com.

http://indonesian.jakarta.usembassy.gov/id/visas/mengajukan_visa.html

168 thoughts on “Apply Visa Amerika : Mendebarkan tapi tak serumit yang dibayangkan”

  1. Pak Toto, maaf satu lagi pertanyaan saya. Saya sudah isi semua Form dan dapat lembar konfirmasi, itu memang untuk lebar isian yang sudah kita isi tidak bisa di print ya pak?

    Selain itu karena saya berpergian sendiri tanpa sponsor, hanya ada surat rekomendasi dari tempat saya bekerja apakah jumlah dana dalam rekening ditentukan minimalnya pak?

    Dan biasanya kesempatan untuk mendapatkan Visanya bagaimana?

    Mohon jawabannya dan mohon maaf banyak bertanya. terima kasih

    1. Ina, form bisa dicetak seharusnya.

      Persetujuan dan penolakan visa murni ada di pihak Amerika. Kadang alasannya juga tidak cukup detail. Terakhir, saya juga tidak ditanayakn buku tabungan. Bisa berbeda-beda tiap orang

      1. Pak Toto, proses Visa nya berjalan lancar dan semua orang yang saat itu saya temui di kedutaan sangat ramah dan membantu sekali. Saya berhasil mendapatkan visa nya. terima kasih

  2. Pak Toto saya baru saja bercerai dan sudah mendapatkan akte cerai, saya ingin berlibur ke Amerika pada bulan desember, tetapi semua KTP, Akte kelahiran saya masih yang lama dengan status menikah. Manakah jalan terbaik yang harus saya laporkan apakah status menikah atau bercerai. Mohon informasinya pak. Salam

    1. Hi Ina,
      Sebenarnya KTP, tidak dipergunakan saat ke luar negeri. Data itu baru akan ditanyakan saat apply visa.
      Jika saat ini belum apply visa isikan saja kondisi terakhir, saat wawancara baru dijelaskan.
      Jika saat ini visa sudah didapat maka perubahan status itu tidak akan jadi masalah.

      1. terima kasih pak Toto, untuk alamat selama tinggal disana, saya akan menetap di salah satu hotel di Florida tapi mungkin akan pindah beberapa hotel. Karena disana saya 3 minggu jadi mungkin beberapa hotel. alamat yang harus saya isi yang mana ya pak. Terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s