Akan urus passport? Inilah syarat-syaratnya

Mengurus paspor itu sebenarnya tidak rumit, baik untuk paspor baru maupun perpanjangan. Saat ini, semua kantor imigrasi sudah online jadi mengurus paspor baru atau perpanjangan tidak harus melalui kantor imigrasi sesuai domisili. Waktu yang dibutuhkan juga cukup singkat, sekitar seminggu. Ada dua formulir dengan isian tak cukup banyak. Satu formulir berupa informasi umum tentang pemohon. Satu formulir lainnya sebagai Surat Pernyataan. Anda tetap harus datang ke kantor imigrasi karena ada proses pengambilan foto dan biometrik yang hanya dapat dilakukan di kantor imigrasi. Nah jika Anda akan mengurus paspor baru atau perpanjangan, inilah berkas-berkas yang harus disiapkan. Jangan lupa siapkan selembar meterai 6 ribu :Ada 2 jenis berkas yang menjadi syarat pengurusan :

Bukti Domisili terdiri atas :

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) Asli atau Resi KTP Asli. Pilih salah salah satu dan fotocopy ukuran A4. Surat Permohonan KTP TIDAK dapat digunakan sebagai pengganti dokumen ini.
  2. Kartu Keluarga (KK). Jika KK belum ada dapat digantikan Keterangan Tempat Tinggal dari Kecamatan. Asli KK dan fotocopy-nya dibutuhkan.

Bukti Identitas Diri, yang terdiri 5 dokumen berikut. Anda cukup menggunakan dokumen yang relevan saja.

  1. Akte Kelahiran atau Ijazah (Asli & Fotocopy)
  2. Akte Perkawinan atau Surat Nikah atau Surat Baptis (Asli dan fotocopy)
  3. Surat Keputusan Ganti Nama yang dikeluarkan oleh pengadilan, hanya jika Anda pernah berganti nama (Asli & fotocopy)
  4. Rekomendasi bagi pemohon yang berstatus karyawan atau PNS atau TNI (Asli)
  5. Buku Pelaut, PKL, crew list bagi ABK jika Anda berprofesi sebagai pelaut
  6. Paspor atau Surat Pengganti Laksana Paspor lama, jika untuk perpanjangan (Asli & fotocopy)

Prosesnya juga sederhana

  1. Ambil Formulir, kemudian isi dengan huruf kapital tinta hitam, masukkan dalam map yang sudah diberikan saat ambil dokumen beserta dokumen-dokumen persyaratan.
  2. Memasukkan berkas untuk verifikasi dokumen dan penjadwalan foto & biometrik.
  3. Wawancara, foto & biometrik sesuai jadwal. Antriannya sering lama di bagian ini. Saat wawancara kita diberikan kesempatan untuk memeriksa data-data yang sudah masuk di sistem.
  4. Paspor selesai dalam beberapa hari kerja berikutnya.

Saya hanya memerlukan waktu 2 jam untuk pembayaran, foto dan wawancara, itupun sudah termasuk waktu antri di kantor imigrasi Bandung. Cukup mudah bukan?

About these ads

71 thoughts on “Akan urus passport? Inilah syarat-syaratnya”

  1. Siang Pak, Saya mau tanya jika syarat pembuatan pasport menggunakan resi ktp bisa tdk ya? karena saya sedang urus pindah alamat ktp & KK baru sedang proses 1 bulan. tapi saya butuh cepat untuk pembuatan passport nya. mohon informasinya, terimakasih

  2. pak,saya mau tanya.saya ada passport kerja yg berlaku sehingga 2017.tetapi visa kerjanya sudah expired.dan sekarang saya sudah pulang ke indonesia.apa boleh saya gunakan passport ini untuk tujuan melancong ke malaysia?jika boleh,ada apa-apa dokumen yang harus saya siapkan sebelum berangkat?

      1. pak Toto kalau paspor saya paspor pekerja, saya ex tki di Malay, saya berniat untuk datang ke malay berwisata, apakah bissa menggunakan paspor saya itu, apakah tidak dipersulit petugas imigrasi Malaysia nantinya, ataukah saya harus ganti paspor wisata Dan mematikan paspor yang lama, Karena paspor lama berlaku sampai 2017.
        terimakasi

  3. Pak toto maaf sy tdk tahu apakah bnr paspor biometrik bs buat melaut dll.multi fungsi gitu..? Mhn jwbn nya.terimakasih

  4. Hai tmn2. Knp ya kl bikin atu prpnjang passport sll aj kesulitan. Tp aq melihat calo2 nakl klur msk kntr imgrasi dng wkt yg cpt…bs l

  5. Assalamualaikum pak Toto, maaf mau tanya, kalau mau urus pasport anak tp KTP asli ayahnya sdg dibawa ayahnya ke luar negeri,,,gimana ya? Apakah ada solusinya? Terimakasih atas bantuan infonya pak. @Lina.

    1. Hai Lina,
      Saya sarankan untuk nanyakan langsung ke petugas imigrasi. Jika foto copy tidak bisa apakah ada Surat Keterangan Pengganti

  6. Sy mau Tanya klu pergi ke Malaysia klu gak punya npwp apakah harus bayar visa … atau yang laen,,,kan di imigrasi. Biasanya di Tanya Tanya,

  7. Pak saya mau bertanya mengenai paspor. Pada saat pembuatan paspor, karena nama saya hanya terdiri dari 2 kata, maka oleh pihak imigrasi ditambahkan menjadi 3 kata dengan memakai nama ayah saya (Nama 3 kata ini tercantum di hal 2 paspor dan hal 4 paspor/bagian endorsement masih kosong). Saya hendak mengajukan visa schengen dgn tujuan belanda, nama mana yg saya ajukan untuk permohonan visa? apakah nama 3 kata sesuai hal 2 paspor atau nama 2 kata sesuai bukti identitas saya (ktp, kk, akte lahir dan buki nikah)? apakah saya harus melakukan pengurangan nama di paspor menjadi 2 kata sehingga sesuai dengan bukti2 identitas saya. Terima kasih…

  8. Pak toto,,
    saya citra,mau urus pasport pelancong rencananya mau kemalaysia tmpt kakak saya skalian jga mau jd TKW,bisa gak saya urus pasport dimedan tpi KTP sm KK saya domisili pekanbaru,truz klu gak ada akte kelahiran gmn??bls

  9. pak Toto, kalau mau bepergian ke luar negeri itu, pesan tiket pesawat dulu (kepastian keberangkatan dulu) atau urus paspor dulu (kepastian paspor ada baru cari tiket pesawatnya), kemudian saya punya pasport haji, sudah paspor hijau itu tahun 2010, itu masih bisa diperpanjang?
    tolong dijawab ya pak, trims

    1. Dewi,
      Passport hijau bisa diperpanjang seperti passport normal. Jika mau pergi pastikan passport-nya ada dulu dan berlaku, masa laku passport minimal 6 bulan tersisa

    1. Hi Gina, saran saya coba urus saja passport-nya, nah jika dipermasalahkan urus surat keterangan domisili ke keluarahan atau pihak imiigrasi akan berikan saran dokumen yang diperlukan

  10. Mas toto sy mau tnya…sy rncna mau liburan k thailand brsama istri…prtnyaan sy,
    1.apakah prlu visa utk liburan k thailand?
    2.sy pny paspor tp sdh prnh di gunakan utk bkrja sbg pelaut,stlah sy brhnti bkrja pasport sudah sy sign off artix sy tdk bkrja d kpl utk saat ini…apakah bisa pasport sy it sy gunakan utk melancong?
    trma ksh sblmx atas jwbanx mas…

    1. Dear Umar :
      1. Bebas Visa untuk ke Thailand
      2. Gunakan passport biasa (hijau), passport pelaut tidak bisa digunakan untuk keperluan biasa

  11. Pak Toto, sy memiliki passport lama dan sudah habis masa berlakunya 2 tahun. Saat ini sy sudah pindah domisili lain kota/propinsi dan punya KTP/KK baru. Passport sy apa perlu buat baru sesuai domisili tempat tinggal baru atau bisa diperpanjang meski sudah pindah domisili?

    1. Arka, saran saya diperpanjang saja. Sekarang ini perpanjang passport bisa di kantor imigrasi mana saja, tidak harus sama dengan alamat KTP

  12. Pak Toto, kalau nama untuk apply visa berbeda dengan nama di passport bagaimana? apakah kemungkinan akan ditolak visa nya?

  13. Pak saya mau tanyak.Paspor saya masih hidup 1th,tp saya sudah pindah KK/propinsi,gimana syaratnya ganti domisil/alamat propinsi di paspor pak…..???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s