Pilih franchise Indomaret, Alfamart atau Circle K?

Akhir Desember lalu, dalam perjalanan antar kota di Jawa Tengah & Jawa Timur, saya dibuat takjub. Yakni kehadiran minimarket yang berdekat-dekatan dan buka 24 jam. Penampilan mereka, dengan lampu yang terang benderang, menjadi begitu mencolok. Keberadaan mereka sangat mendominasi dan bahkan saling berhadap-hadapan dan berjarak begitu dekatnya. Ya, sejak sistem franchise dikenalkan pengembangan gerai minimarket itu begitu pesat, dan akhirnya masuk bukan hanya kota kabupaten, bahkan hingga kota-kota kecamatan sekalipun. Mereka saling beradu dan bersaing ketat, bahkan semakin seru karena beberapa kota besar dimana ada pemain lain (Circle K) yang ikut bermain. Nah jika Anda berminat menjadi bagian bisnis mereka ada baiknya mengenal dulu siapa dan bagaimana mereka.Sekedar menyegarkan ingatan tentang franchise, mari kita awali pemahaman tentang sistem franchise ini. Artikel Memulai Bisnis dengan sistem Franchise akan membantu memberikan gambaran tentang sistem bisnis ini. Dan apakah Anda termasuk cocok berbisnis dengan sistem Franchise? Silakan klik disini.

Minimarket & Convenience Store. Meskipun tampilannya hampir mirip-mirip sebenarnya ada pembeda antara ketiganya. Indomaret & Alfamart beroperasi sebagai minimarket, sedangkan Circle K mengusung konsep Convenience Store. Perbedaan konsep ini terlihat dari barang dagangan yang dipajang. Minimarket menjual barang sehari-hari mulai dari beras, minyak, rokok, toiletries, makanan, minuman dan kebutuhan sehari-hari. Sedangkan Convenience Store menjual barang-barang yang langsung dikonsumsi, dan lebih didominasi makanan dan minuman. Dulunya hanya Convenience Store yang buka 24 jam, tetapi sekarang minimarket banyak yang beroperasi 24 jam juga.

Ketiga merek itu memberi kesempatan kepada masyarakat umum untuk membuka gerai melalui sistem franchise. Ketiganya menawarkan 2 pola pembukaan gerai, yakni membuka baru atau mengambil alih toko-toko yang milik mereka sendiri. Ketiganya juga menawarkan pola franchise yang hampir sama, namun tetap ada pembedanya. Jika Anda ingin sedang memilih-milih franchise minimarket, tabel berikut akan membantu sebelum pilihan dijatuhkan.

Akhirnya, pilihan franchise harus mempertimbangkan lokasi toko, market yang dibidik dan potensi tingkat keuntungan yang akan diraih. Happy cuan.

Rekomendasi artikel lain :

  1. Memulai Bisnis dengan sistem franchise
  2. Mencermati perjanjian waralaba
  3. Menakar seberapa cocok Anda berbisnis dengan sistem franchise

 

About these ads

44 thoughts on “Pilih franchise Indomaret, Alfamart atau Circle K?”

  1. Selama kurang lebih 4 tahun saya sudah menyewakan tanah pada indomaret. Jika di takeover dengan manajemen sendiri tetapi nama tetap indomaret, berarti saya hanya bayar royalty fee nya saja, apa betul demikian? Terimakasih.

    1. Fikky, status Anda berubah jadi frachisee (terwaralaba). Akan dikenakan franchise fee, royalty fee, dan mungkin goodwill karena take-over

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s