Tidak seru! Terbang rombongan tapi duduk berpencar-pencar

Ada pemandangan menarik dan menyebalkan pada beberapa penerbangan terakhir saya. Pasalnya penumpang ribut tukar-menukar tempat duduknya. Antrian di lorong pesawatpun jadi panjang dan proses pra penerbangan jadi terhambat. Beberapa penumpang mondar-mandir depan belakang. Akibatnya adalah pesawat terlambat berangkat. Ternyata penyebab kejadian itu adalah rombongan penumpang mendapatkan tempat duduk berpencar dan berusaha negosiasi dengan penumpang lain untuk tukar tempat duduk. Ulah penumpang seperti ini bukan saja mengganggu kenyamanan penumpang lain tetapi juga membuat penerbangan terlambat dari jadwal. Nah jika Anda terbang berombongan dan menginginkan tempat duduk berdekatan, lakukan saja tips di bawah agar Anda tidak dipelototi penumpang lain (free photo by fotosearch.com).

Hal pertama yang perlu dipahami adalah sistem penentuan tempat duduk saat check-in berbeda antara satu airline dengan airline lainnya. Penerbangan berbiaya rendah (low cost carrier) seperti Air Asia memberlakukan sistem random dalam menentukan tempat duduk. Namun Air Asia memberlakukan fasilitas pembelian hot seat saat booking, dengan membayar sekian rupiah per kursi. Penerbangan layanan penuh (full service airline) memiliki ketentuan berbeda, yakni membolehkan permintaan tempat duduk saat check-in asal tempat duduk yang diinginkan masih tersedia. Apapun penerbangan Anda perhatikan beberapa langkah penting ini jika Anda terbang rombongan.

  1. Check-in lebih awal. Dengan check-in lebih awal Anda berpeluang mendapatkan kursi yang Anda inginkan. Jadi jangan berharap dapat kursi berdampingan jika Anda datang check-in di saat-saat akhir.
  2. Sampaikan permintaan nomor kursi saat check-in. Jika rombongan berasal dari reservasi yang sama, maka sistem check-in akan menempatkan berdekatan secara default. Permintaan yang sama jika Anda menginginkan kursi di dekat jendela atau lorong.
  3. Lakukan check-in group. Beberapa airline membuka layanan check-in group untuk penumpang rombongan, biasanya berlaku untuk rombongan besar seperti tour dan reservasi khusus.
  4. Pilih tempat duduk saat booking. Beberapa airline besar memberikan fasilitas pilih kursi saat booking online. Untuk full service airline pemilihan tempat duduk ini diberikan gratis. Gunakan saja fasilitas ini untuk memastikan Anda duduk berdekatan dalam satu group atau keluarga.
  5. Jika Anda terpaksa mendapat tempat duduk berpencar-pencar, duduklah terlebih dahulu sesuai nomor kursi yang tertera di boarding pass. Setelah semuanya duduk, lakukan pembicaraan dengan kursi di sebelah Anda. Biasanya penumpang di sebelah Anda akan rela bertukar tempat jika Anda menyampaikannya dengan baik, apalagi misalnya Anda menginginkan duduk bersama putra-putri Anda jika.
  6. Jangan lupa untuk membagikan boarding pass ke masing-masing penumpang anggota rombongan sebelum naik pesawat. Tips ini dimaksudkan agar anggota rombongan tidak mengalami kesulitan mencari tempat duduk di atas pesawat yang bisa memperlambat proses pra penerbangan.

Sebenarnya tidak sulit agar anggota rombongan bisa tetap duduk berdekatan, dan penerbangan Andapun akan lebih seru jika dapat duduk berdekatan.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s