Oleh oleh dari Ho Chi Minh City Vietnam

Berlibur dan oleh-oleh ibarat keping mata-uang. Kemanapun liburannya selalu ada oleh-oleh yang bisa dibawa. Oleh-oleh bisa berupa souvenir yang bisa mengingatkan perjalanan Anda. Oleh-oleh liburan ini ternyata tidak dimonopoli oleh pelancong Asia, pelancong dari negara manapun terlihat membawa oleh-oleh ini meskipun berbeda dalam jumlah dan harga.

Khusus tentang oleh-oleh ini, pelancong Indonesia biasanya memberikan perhatian dan porsi belanja cukup besar. Bahkan sudah membawa daftar oleh-oleh sebelum menginjakkan kaki di tempat tujuan. Apapun obyek wisatanya hampir pasti mengunjungi toko souvenirnya. Jika Anda akan berlibur ke Vietnam, saya bantu untuk membuat daftar souvenir yang dapat dibawa pulang. Inilah selengkapnya.

Souvenir dari Vietnam lebih banyak didominasi oleh kerajinan yang dibuat secara manual. Alam dan budaya menjadi tema yang menonjol. Inilah beberapa yang layak Anda koleksi :

  • Lukisan. Banyak ragam lukisan yang bisa dibawa pulang, ada yang dibuat diatas kayu dengan penyelesaian glassur. Ada lukisan dari kanvas. Ada juga lukisan yang dibuat dari cangkang telur. Juga terlihat lukisan dari bambu. Harganya sangat beragam tergantung kualitas dan dimana Anda membeli. Saya mendapatkan satu pasang lukisan kayu berglassur dengan harga USD20, tentu saja ini setelah mengeluarkan semua kemampuan menawar. Lukisan-lukisan ini biasa juga dijual di factory saat tour (baik ke Mekong ata Cu Chi) dengan harga lebih tinggi tetapi memiliki kualitas bagus. Disamping motif Mekong Delta, masih banyak motif-motif lain seperti bambu, dragon, dan motif bertema alam lainnya. Untuk memudahkan membawa lukisan ini dibungkus dengan karton tebal sehingga Anda tidak perlu kuatir rusak selama dibawa.
  • Gerabah/tembikar. Bentuknya aneka rupa, bisa berupa vas bunga, mangkok, piring, nampan. Dikerjakan¬†secara tradisional dengan berbagai teknik. Bisa dicat, ditempeli cangkang telor, itupun dengan berbagai penyelesaian akhir. Sama dengan lukisan harga souvenir ini juga beragam. Disamping bisa dibeli diberbagai obyek wisata juga banyak dijual di Ben Thanh Market. Gerabah dikerjakan sangat halus dan detil dengan pilihan warna cerah. Foto disamping diambil dari salah satu pabrik kerajinan saat tour ke Mekong Delta.
  • Patung Vietnamese Girl. Ini juga termasuk souvenir yang sangat populer, berupa patung gadis Vietnam dalam ukuran kecil. Biasanya terdiri atas 3 warna pakaian yang mewakili Vietnam wilayah Utara, Tengah dan Selatan. Harganya cukup murah bahkan saya mendapatkan seharga USD2 per biji itupun belanja di airport. Patung-patung ini terdiri dari berbagai ukuran, sebaiknya Anda membeli ketiga warna.
  • Miniatur Cyclo. Kendaraan unik sejenis becak dapat juga diperoleh miniaturnya diberbagai toko souvenir. Harganya tidak sampai USD5 sebuah. Souvenir ini terbuat dari metal dan biasanya dicat warna hitam.
  • Kartu pos, gantungan kunci dan pernak-pernik lain. Sama seperti tujuan wisata lain, souvenir jenis ini banyak tersedia. 4 buah kartu pos kualitas bagus dapat diperoleh dengan harga 1USD. Gantungan kunci sangat beragam dari seharga 4000VND (2000 rupiah) hingga 2USD. Magnet tempelan kulkas juga banyak macamnya.
  • Kaos dan sandal. Tshirt, inilah yang sebaiknya masuk dalam daftar souvenir Anda. Kaos kualitas rendah bisa diperoleh tidak sampai¬†2USD selembar. Desain kaos yang populer adalah ‘Goodmorning Vietnam’, ‘Saigon Vietnam’, dan ‘Tiger Beer’. Saya menemukan kaos dengan kualitas cukup bagus (lihat foto) dengan harga 90.000VND (setara 4USD) per lembar. Sekali lagi harga-harga ini bisa lebih murah atau sebaliknya tergantung keahlian menawar Anda. Tidak sulit mendapatkan souvenir ini sebab di berbagai obyek wisata selalu menyediakannya. Jangan lupa membeli sandal (seperti klompen khas Vietnam), harganya murah dengan kualitas bagus.
  • Makanan. Sebenarnya banyak oleh-oleh makanan yang bisa dibawa pulang. Satu yang terkenal adalah kopi Vietnam, yang tersedia sudah dalam bentuk bubuk. Kripik buah juga banyak ditawarkan, begitu juga dengan makanan laut olahan.

Penting untuk selalu diingat bahwa untuk mendapatkan harga terbaik, jangan segan-segan untuk menawar souvenir-souvenir tersebut. Harga pas hanya berlaku di gerai-gerai pabrik dan mall, sedangkan di toko souvenir harus ditawar. Pedagang-pedagang ini cukup mahir untuk menyebutkan harga dalam bahasa Inggris. Namun, untuk memudahkan gunakan kalkulator untuk tawar-menawar ini. Gak usah kuatir, pedagang-pedagang ini rata-rata cukup ramah merekapun tidak akan marah jika tawaran Anda terlalu rendah. Pedagang-pedagang disana juga menerima pembayaran dengan USD disamping VND. Selamat berburu souvenir.

About these ads

9 thoughts on “Oleh oleh dari Ho Chi Minh City Vietnam”

  1. assalammualaikum . hi toto saya aminah dari vietnam . saya nak email u ok tak .
    TAWARAN ISTIMEWA UNTUK SEMUA ORANG DATANG KE TOUR MINAH DARI 20june HINGGA 31july 2010
    boleh dapat hadiah istimewa . sila tengok di blog ini wwwsinamalaysia-sina-blogspot.com/

  2. Hi Mas toto,
    saya & istri saya sudah di ho chi minh skr, sudah lama saya baca2 artikel anda tentang vietnam, sangat berguna sekali, hari ini hari pertama kami dan kita sudah melakukan city tour di HCMC dengan berjalan kaki, seru…
    Tadi malam kami hunting souvenir di benthan market, ada beberapa barang yang sudah kami beli, tapi saya tidak menemukan kaos yang bagus bahannya, yang saya temukan hanya yang biasa saja (yang USD2), dimana saya bisa membeli kaos yang kualitasnya di atas itu? (yang USD4), karena takutnya kaos yang saya beli untuk oleh2 itu malah tidak terpakai oleh adik2 & saudara2 saya,mngingat bahannya yang tipis dan panas, tq

    1. Dear Erick,
      Saya mendapatkan kaus dengan kualitas bagus itu di pasar kaget di jalan sebelah Ben tanh Market, buka mulai sore hingga jam 11 malem. Posisi lapak yang menghadap ben Tanh Market, kira-kira di tengah-tengah di depannya ada toko 24jam. Harganya sekitar 90.000 VND (kausnya ada di gambar), saat itu saya malah beli 4 lembar karena saya lihat bagus bahan dan sablonannya. Jangan segan untuk nawar ya… Selamat hunting…

  3. saya akan ke vietnam tgl 5 april ini..
    untuk oleh-oleh itu belinya dimana aja yaa?
    apakah dapat di beli di Ben Thanh Market ajaa atau gimana??
    makasi

    1. Dear Fera,
      Oleh-oleh cukup di ben Thanh Market aja, jangan ragu-ragu nawar. Kalau ikut tour, akan mampir di pabrik oleh2 tapi harganya mahal banget.
      Kalau malem hari di jalan sebelah Ben Thanh jadi pasar kaget, disitu juga banyak oleh-oleh. Kalau ada yang ketinggalan bisa beli di airport (lantai atas), sedikit mahal memang.

  4. Hai. saya googling mau tau ttg vitnam, ehh ketemu sama blog Anda. salam kenal. saya tertarik liat lukisan yg anda tunjukkan itu, itu beli dmn yah? sudah tempat paling murah yah? ;) Pasar paling murah meriah seperti chatucak-nya Bangkok, ada dmn yah klo di Ho chi min? thx :)

    1. Hai James,
      Lukisan itu saya beli di deket2 Ben Thanh Market seharga $20 (setelah tawar menawar) sepasang ukuran sekitar 40cmx45cm dengan kualitas sedang. Lukisan dengan kualitas lebih bagus bisa juga dibeli di toko pabrik saat ikut tour, tentu saja fixed price. Untuk pasar yg murah meriah bisa datang di Ben Thanh Market ada di district1 dan daerah pusat turis juga. Di pasar ini tawar-menawar wajib ya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s