Sehari Menyusuri Mekong Delta

Tidak lengkap rasanya mengunjungi Ho Chi Minh City jika belum ke Mekong Delta. Mekong Delta yang dalam bahasa Vietnam disebut Dong bang song Ciu Long atau Nine Dragon River Delta terletak di wilayah di barat daya Vietnam dimana tempat bermuara sungai yang hulunya berasal dari wilayah Cambodia. Daerah Delta Mekong meliputi sebagian besar tenggara Vietnam seluas 39.000 kilometer persegi. Karena berada di daerah muara maka kawasan ini terkenal sangat subur dan berkecukupan air.

Mekong memiliki sejarah cukup panjang dan yang diantaranya  pernah berada di bawah Cambodia, namun sejak kemerdekaan kawasan ini merupakan bagian dari Vietnam. Karena tanah suburnya, Mekong Delta merupakan lumbung beras bagi Vietnam dan 3/4 ekspor beras Vietnam berasal dari daerah ini. Apa yang menarik di Mekong Delta?

Mekong Delta ini berada di luar HCMC dan merupakan propinsi terpisah, dan menjadi atraksi wisata populer di Vietnam disamping Cu Chi Tunnels. Banyak travel di HCMC yang menjual paket tour ke Mekong Delta. Harganya berkisar antara USD 8 – 35 tergantung rute dan transportasi yang ditempuh. Paket Mekong Delta yang saya beli seharga USD11 dari Tuan Travel merupakan paket sehari penuh dengan tour guide yang menguasai bahasa Inggris.

Paket ini berangkat pukul 8 pagi dimana sebelumnya peserta tour dijemput dari hotel masing-masing. Perjalanan darat menuju My Tho, kota terdekat, ditempuh selama 90 hingga 120 menit tergantung kepadatan lalu lintas. Ditengah perjalanan peserta tour akan singgah di pabrik kerajinan Vietnam yang menampung tenaga kerja korban perang Vietnam. Disini Anda bisa melihat langsung bagaimana mereka bekerja dan membeli hasil karya mereka. Bagi orang Barat mungkin ini bisa menjadi atraksi menarik. Perjalanan sisa hingga My Tho Anda akan disuguhi pemandangan lalu lintas di jalan yang menurut saya semrawut, berdesakan antara sepeda motor, truk, mobil dan bus. Di Vietnam berlaku kemudi kiri dan ini akan menjadi pemandangan yang tidak biasa kita lihat di Indonesia. Gambar diatas adalah bangunan mengapung di sungai Mekong. Ini bukan rumah tinggal hanya berfungsi sebagai gudang.

Beberapa saat setelah masuk kota My Tho, Anda akan sampai di Boat Station. Dari tempat inilah tour Mekong Delta bermula. Boat Station menempati bangunan cukup bagus dengan tempat parkir memadai, lebih baik dibandingkan Boat Station di Chao Phraya Bangkok. Ada toko souvenir dan tempat makan. Selanjutnya adalah saatnya menyusuri Mekong Delta dengan kapal kayu seperti pada gambar di atas. Kapal ini berisi  tidak sampai 20 orang dan tersedia tempat duduk kayu berjajar. Pelayaran dimulai dengan meyusuri 4 pulau di Mekong Delta hingga harus berganti dengan kapal lebih kecil lagi untuk memasuki anak sungai menuju pabrik pembuatan permen kelapa. Pemandangan di sisi sungai didominasi pohon nipah, sejenis palem besar. Air sungainya berwarna coklat tapi cukup bersih dari sampah dan tidak berbau.

Bagi saya sebenarnya pabrik permen kelapa bukan menjadi sesuatu yang istimewa, karena saya sudah sering melihat prosesnya di kampung halaman saya dulu. Pengunjung bisa melihat langsung pembuatan permen ini dan mencicipi hasilnya. Andapun juga bisa membeli permen dan makanan lain untuk oleh-oleh. Selain permen ada kripik pisang, permen jahe, dan jajanan lain yang juga banyak di Indonesia. Masih dengan boat yang sama perjalanan berlanjut ke tempat lain untuk makan siang (masuk dalam paket). Makan siang standar yang disajikan lagi-lagi juga tidak asing buat orang Indonesia, terdiri semangkuk kecil sup, nasi putih, sayur tumis2an, dan 4 buah spring roll (lumpia). Anda masih bisa pesan tambahan berupa ikan goreng, cumi, dan lainnya.

Pulau terakhir yang dikunjungi bernama Unicorn. Disini peserta tour disuguhi musik tradisional Vietnam lengkap dengan penyanyi gadis-gadis Vietnam. Penyanyi ini mengenakan baju tradisional yang berbeda warna mewakili daerah Selatan, Tengah dan Utara. Meskipun tak satupun lagu pernah saya dengar sebelumnya, tapi lumayan untuk mengusir penat sesaat. Sambil menikmati musik tradisional ini, Anda akan disuguhi buah tropis yang banyak dijumpai di Indonesia. Ada Dragon Fruit, nanas, sawo, lengkeng, jambu yang sudah siap santap. Pelengkap buah itu ternyata sama dengan di Indonesia, yakni campuran garam dan cabe. Setelah penyanyi menyelesaian lagu perpisahan tiba saatnya untuk saweran. Ehm…

Perjalanan terakhir adalah menggunakan kapal kano lebih kecil lagi dan hanya berisi 4 orang disamping 2 orang pengayuh kanonya. Surprise-nya, pengayuh kano ini adalah ibu-ibu yang juga mengenakan pakaian tradisional. Selama menyusuri sungai kecil ini peserta mengenakan topi khas Vietnam, berbentuk seperti caping di Indonesia. Kayuhan kano ini berakhir pada sungai besar dan peserta harus berganti perahu kayu yang lebih besar untuk kembali ke Boat Station. Peserta akan kembali diantar ke HCMC dengan bus dan kembali menikmati lalu lintas di jalan satu-satunya yang menghubungkan My Tho dan HCMC. Gambar disamping adalah jembatang yang menghubungkan daratan dan salah satu pulau.

Mengikuti tour yang berisi dari berbagai negara berarti bersiap menambah teman baru. Dalam group ini terdiri dari Indonesia (saya), India, Philipina, Brasil, England, Amerika dan dari Taipei. Meskipun hanya bertemu saat tour rasanya peserta seakan sudah kenal lama. Kami saling bertukar pikiran dan saling mengenalkan hal-hal menarik dari negara masing-masing. Mulai dari Manchester United, petenis Sania Mirza hingga tebak-tebakan nama buah. Bali tetap menjadi topik andalan saya ngobrol dengan mereka.

Mei lalu, saya pernah mengikuti tour di Chao Phraya di Bangkok, namun secara umum Delta River lebih menarik. Tour dikemas lebih menarik meskipun sebenarnya hal yang biasa saja. Kembali terbayang paket yang sama bisa ditawarkan di sungai Mahakam, Kapuas ataupun Barito.

About these ads

28 thoughts on “Sehari Menyusuri Mekong Delta”

  1. bagi yg ingin memesan tour, silahkan email ke nguyenhaiyen@gmail.com atau +84987771845. LOI DAT travel. silahkan bertanya tanya dlm bahasa indonesia, karena dia pernah kuliah bhs indonesia selama setahun di yogyakarta. harga by internet sama saja dg pesan langsung disana.

  2. Menarik sekali ulasannya. :) Kebetulan saya akan melakukan perjalanan ke Ho Chi Minh dalam waktu dekat, bisa tolong diinfokan bagaimana memesan paket tour mekong delta; apakah memesan online melalui website http://www.tuantravelvietnam.com ataukah dibantu hotel untuk memesan secara langsung disana? Sebab, jika memesan online, harga yg saya dapatkan sangat mahal USD 74/ person. dan harga USD 10/ person hanya berlaku untuk pembelian minimal 50 pax. Mohon informasinya, thanks.

    1. Lily, seperti yg saya tulis saya pesan langsung via hotel di HCMC. Selain TuanTravel di District 1 masih bnyk travel yg menjual paket sejenis bahkan 1-2 dollar lebih murah. cari2 brosur di hotel dan minta resepsionis untuk booking-kan, mereka akan dengan senang hati karena dapat komisi juga.

  3. kalau ada yg mau ke ho chi minh beli tour di internet mahal lebih baik booking tour di ho chi minh di distrik 1 tepatnya di jalan pha ngu law ini pusat turis ,
    semua orang juga tau

  4. Mas kalo kita datang sampai sana malem, Ada kekkawatiran Susah nyari transportasi and hostel juga? Thanks

    1. Inung, transportasi mau gak mau pakai taxi, ke distrik 1 sekitar 8 dollar. Nah agar begitu datang gak nyari2 penginapan, pesan online saja via site yang saya infokan sebelumnya.

  5. Yth. Mas Toto Saya rencana mau ke HCMC dua minggu lagi. Sampai san a sudah malem, renc mo nginep di hostel Aja yg cocok buat dompet tipis, adakah yg letaknya didaerah Turis? Dan mudah untuk ke Mekong river? Kale mau makan yg vegetarian dimana? Terima kasih

    1. Inung, coba cari hostel di hostelbookers.com. byk quest house murah disana. Cari yang di Distrik 1 karena itu daerah turis untuk memudahkan cari travel ke Mekong. Nah utk Vetetarian saya ga byk info, tapi saya yakin dak sulit didapet.

  6. Pak Toto…. Kalo one day tour di mekong delta, cuma ke my tho aja yah? ada floating market nya gak pak? apa emang harus lanjut ke can tho dulu?

    1. Alfin, kalo one day biasanya gak sampai floating market. Banyak juga yg ambil 2 days, nginep di My Tho semalam. Kalo punya waktu seminggu bisa nyambung ke Hanoi

  7. Pa Toto,
    Aq n bbrp teman mo ke HCMC n berniat ikut tur. Aq sudah menghubungi tuan travel by e.mail kok nga dijawab2 ya. Apakah Pa Toto pny alamat e.mailnya?
    terima kasih.
    Salam selalu,
    Cisca

    1. Dear Cisca,
      Waktu itu saya pesen tour via hotel tempat saya nginap, dan gak catet email-nya. Selain Cisca ada juga yang ngalami hal yang sama.
      Gini aja, kalau sudah dapet tempat nginapnya, minta tlg mereka untuk pesen tournya, untuk hari pertama saja. Selanjutnya bisa pesen langsung sebelum ikut tour hari pertama itu.

    1. Hi Rini,
      Coba kirim email saja dulu, yang penting pesen dulu untuk hari pertama. Selanjutnya bisa pesen saat disana.
      Kalau tinggal di distrik 1, Tuan Travel gak jauh dari situ. Atau jika sudah dapet tempat nginap, minta bantuan mereka yang pesen.
      Mereka akan dengan senang hati bantuin.

  8. mas Toto,

    bagaimana caRa buat booking Tuan Travel yah,..kok susah sekali ditelp.

    Please help :-))

  9. Oo..oke pak,satu lagi pak Toto krn saya tiba di HCM jam 9 (kalo nggak delay) bisa tidak ya kita reserved malam2 buat tour besok pagi jam 8..apakah tour2 tersebut open 24 jam ..:) tks b4

    1. Fatma, sebaiknya pesen online dari Indonesia saja. Saya pakai flight yg sama, setelah urus bagasi dan imigrasi nyampai di kota sudah jam 11.
      Travel sudah tutup dan meskipun bisa datang langsung kuatir kalao pas ramai dan tidak tersedia tempat lagi.

  10. pak toto,..minggu depan saya mau ke HCM, dan saya mau ambil tour mekong river..pak toto booking langsung saat di HCM via hotel atau di Indo sudahh booking ke Tuan travel?..karena saya cari travel lain, Tuan travel harganya cukup murah…mohon pencerahaanya ya pak..krn perjalanan saya “travel budget..hehe.Tks

    1. Fatma, saya pesennya disana, kebetulan gak jauh dari hotel tempat nginap dan brosurnya ada di lobby hotel.
      Layanannya juga bagus, pesertanya agak banyak jadi bisa kenal peserta dari negara-negara lain.

  11. sarah :

    sarah :Mas toto, mengenai tour yg mekong delta itu, kira2 safe gak ya untuk kita?? bagaimana mengenai fasilitas keamanan untuk masing2 peserta tour?? agak trauma neh naik boat. Karena rencana awal maret akan ke ho chi minh, naik air asia juga…, dan aku mau ngkutin jejak tour mas toto….Salam kenal Sarah

  12. Mas toto, mengenai tour yg mekong delta itu, kira2 safe gak ya untuk kita?? bagaimana mengenai fasililitas keamanan untuk masing2 peserta tour?? agak trauma neh naik boat. Karena rencana awal maret akan ke ho chi minh, naik air asia juga…, dan aku mao ngkutin jejeka tour mas toto….

    Salam kenal
    Sarah

  13. Waaaah kayaknya boleh juga berlibur ala backpacker ke Vietnam. Kapan ya Indonesia bisa punya tour yg menarik spt di Vietnam padahal kita punya banyak potensi ^__^

    1. GreenYume,
      Setuju banget Indo kaya potensi, Indonesia punya peluang mengemas wisata macam Mekong Delta ini. Sudah dimulai di Mahakam, cuma belum menjadi destinasi utama di Indonesia. Kapuas juga punya potensi apalagi Barito yang ada pasar terapungnyaya. Kebetulan ketiga sungai itu pernah saya kunjungi.

      1. Pak Toto,sy &teman akan ke HCM bln depan,boleh infonya mengenai pulangnya dari hotel Thuan Thien(kebetulan sy jg akan nginep dihotel ini,skr nama hotelnya ganti jadi,Asian Ruby 4 Hotel),apa sy bisa beli voucher taxi di hotel ini? Thank’s ya!

      2. Susi, di depan Thuan Tien biasanya ada taxi mangkal yang menggunakan mobil Kijang Innova, pake argometer. Jika tidak minta petugas hotel untuk pesan taxi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s