Melancong ke Ho Chi Minh City Vietnam ala backpacker

Backpacker01November memang bukan masa puncak kedatangan turis. Namun juga tidak terlalu sepi dan bagi saya November menjadi waktu yang tepat untuk mengunjungi negeri Paman Ho ini. Karena bukan puncak musim turis maka semuanya akan menjadi lebih mudah. Mudah mencari tiket murah juga mudah mendapatkan hotel murah. Cuaca juga mendukung karena tidak akan cukup panas. Kali ini saya berniat untuk menjelahi Ho Chi Minh City ala backpackers. Semuanya diatur sendiri mulai dari beli tiket, mencari hotel, hingga mengatur liburannya. Dibandingkan dengan membeli paket tour, melancong ala backpacker memang harus sedikit berepot-repot. Dan ternyata tidak sulit untuk mengatur itu semuanya, apalagi semua bisa didapat melalui internet. Bahkan ini bisa menjadi keasyikan tersendiri.

Melancong ala backpacker berarti harus mengatur perjalanan sendiri, tanpa melalui biro travel. Menjadi bebas menentukan segalanya sendiri, tidak harus berlama-lama menimbang sana-sini. Meskipun sebagian orang merasa sangat asing berada di Vietnam, tapi Vietnam cukup ‘welcome’ dengan kedatangan turis. Kendati tidak serapi Singapore atau Bali, tidak terlalu sulit mendapatkan keperluan perjalanan ke HCMC.

  • Tiket pesawat. Saya mendapatkan tiket promo Air Asia Jakarta Ho Chi Minh City dengan harga promo Rp. 608.000 pulang pergi itupun sudah termasuk airport tax di Tan Son Nhat Intl Airport senilai Rp. 150.000. Tiket ini saya dapatkan saat promo beberapa bulan lalu, sebelum launching rute itu sendiri.  Murah bukan?
  • Hotel. Saya sengaja mencari hotel di kota bawah (down-town) di sentra turis. Melalui Agoda saya mendapatkan hotel bintang 2 seharga USD30  semalam. Namanya Thuan Thien Hotel. Sebenarnya banyak hotel bertarif $10 tapi saya memilih Thuan Thien Hotel karena disamping berada di sentra turis juga dekat dengan terminal bus dan Ben Thanh Market, tempat belanja populer di HCMC. Hotel ini juga sangat dekat dengan tujuan turis seperti Reunification Palace, War Remnants Museum, dan juga dekat dengan Notre Dome Cathedral, gereja katolik kuno peninggalan Perancis. Saya akan menggunakan bus umum atau jalan kaki untuk bepergian ke beberapa lokasi, jadi sangat dekat ke terminal bus. Ben Thanh Market akan memudahkan untuk berbelanja setidaknya buat beli souvenir. Hotel ini juga tepat di belakang restoran muslim V.N. Halal dan beberapa tempat makan halal lainnya. Dan yang terpenting hotel ini menyediakan internet gratis. Untuk penginapan murah bisa didapat dari Hostel Bookers.
  • Airport Transfer. Banyak cara menuju tengah kota. Ada taxi yang kabarnya masih harus tawar-menawar dan sering meminta harga diluar meter (borongan). Sasco merupakan taxi pemegang konsensi. Ada sewa mobil antar jemput. Tapi jika masih ada bus beroperasi saya berencana akan menggunakan bus kota menuju kota  (sesuai rencana mendarat di Tan Son Nhat sekitar jam 8 malam). Bus jalur 152 akan berangkat dari depan terminal domestik menuju terminal bus di sebelah selatan Ben Tanh Market, cukup jalan kaki menuju hotel pilihan saya. Tiket bus ber AC ini sangat murah, cukup 5.000 dong jauh di bawah ongkos taxi yang setidaknya 120.000 dong. Terdapat taxi counter sebelum keluar terminal, berada di sebelah kiri pintu keluar, harga berkisar USD 8-10.
  • Disamping menikmati obyek wisata di sekitar kota saya rencanakan akan ke Mekong Delta serta pasar terapung. Untuk itu saya akan mengambil tur yang banyak ditawarkan di travel-travel sekitar hotel ini. Juga akan mengunjungi bekas perang Vietnam, Cu Chi Tunnels.
  • Backpacker and old busKarena akan mengunjungi berbagai atraksi wisata dengan angkutan umum saya pastikan lelah sudah menanti. Massage & spa ala Vietnam rasanya sayang untuk dilewatkan, apalagi harganya sangat-sangat murah. Dari internet saya dapatkan paket spa 2 jam cuma 120.000 Vietnam Dong, tidak sampai 80.000 rupiah. Dari website tampaknya tempat ini sangat bagus untuk harganya dibandingkan tempat setara di Bali.
  • Dari review-review turis yang pernah ke Ho Chi Minh City kemampuan tawar-menawar saya akan benar-benar diuji di sana. Belanja di mall saja pakai tawar-menawar apalagi di pasar tradisional, yang menjadi salah satu tempat yang saya minati. Semua harus ditawar kecuali makanan. Mesti bawa kalkulator.

Segala keperluan harus disiapkan sendiri. Beberapa hal penting yang harus diperhatikan adalah :

  • Itinerary. Rencana perjalanan disusun sebelum keberangkatan. Informasi mudah didapat dari internet. Jika memungkinkan buat juga rencana cadangan. Dengan rencana matang akan lebih hemat waktu.
  • Peta jalan. Sebisa mungkin bawa peta sedari tempat asal, cari tahu tempat-tempat yang akan dituju.
  • Transportasi. Kenali jalur dan moda transportasi yang akan dipakai. Kalau harus naik bus sebisa mungkin dapatkan jalurnya, terminal dan ongkosnya. Semuanya dapat dengan mudah didapat dari internet.
  • Menentukan tempat makan, ini penting bagi Anda yang tidak bisa memakan segala makanan. Sebagai diketahui makanan di Vietnam banyak yang tidak halal bagi kaum muslim.
  • Alas kaki. Anda akan lebih banyak berjalan sehingga pastikan menggunakan alas kaki cukup nyaman. Sepatu baru tidak direkomendasikan karena kaki Anda perlu adaptasi dulu.
  • Mengingat bahasa Inggris belum dikenal luas di Vietnam maka bahasa isyarat akan diperlukan. Ini tentu bisa menjadi pengalaman menarik. Jangan lupa selalu bawa kertas dan pulpen/spidol untuk membantu berkomunikasi.
  • Jaga stamina. Sakit di negeri orang tentu saja sangat tidak diharapkan, disamping bisa mengganggu liburan. Jaga stamina Anda sebelum berangkat. Bawa serta obat-obatan yang biasa dikonsumsi. Kebayang kalau Anda harus mencari obat masuk angin di Vietnam.

Nah itulah kenikmatan lain menyiapkan perjalanan ala backpacker. Tidak harus tergantung travel biro. Lebih leluasa menggunakan waktu. Dan yang penting harus siap dengan stamina.

Artikel terkait :

About these ads

141 thoughts on “Melancong ke Ho Chi Minh City Vietnam ala backpacker”

  1. utk info tour, silahkan bertanya by email ke LOI DAT TOURIST (nguyenhaiyen263@gmail.com). telp. +84987771845. gadis ini bs berbahasa indonesia, karena pernah kuliah di yogyakarta.

  2. Info ajah,untuk mencari makanan halal murah sangat sulit bagi wisatawan baru,sebenarnya di lokasi Q 1 atau Distric 1 sanagt mudah,cari makan pagi sampai siang yaitu di pasar traditionil dekat Terminal Bus..persis di ujung jalan Pham Ngu lao..Vn halal pun dibelakang hotel Lyberty sekitar 60.000 Dong sekali makan yang paling murah,kalau di pasar traditional sekitar 35.000 Dong ajah sudah pakai ayam dan sayuran.

    1. Kang Inda, saya pernah nyoba di VN Halal, kurang pas rasanya. Btw terima kasih infonya, kebetulan 2 minggu lagi mau ke HCMC

  3. Halo mas Toto, kira-kira cukup gak 1 hari 1 malam di HCMC? Karena rencana saya akan banyak menghabiskan waktu di Sa Pa, Hanoi, dan Ha Long Bay, dan kira-kira berapa harga tur di HCMC utk 1 hari?

    1. Schilla, secara umum 1 hari 1 malam tidak cukup untuk HCMC. Kalau tersedianya cuma segitu manfaatkan saja untuk ikut 1 day tour saja. Biaya tour 1 hari bervariasi dari 12 dollar hingga 35 dollar.

      1. Recommended berapa lama donk kalau gitu ya mas untuk di HCMC? Dan kira2 obyek apa saja yg recommended untuk dikunjungi?

        Anyway terimakasih atas balasannya mas Toto.

      2. Schilla, idealnya 4hari 3 malam. Untuk obyek wisata, silakan baca artikel lain di blog ini juga sebagi referensi.

      3. Halo mas Toto, terima kasih buat infonya ya. Saya baru pulang dari ‘backpacking’ 3 minggu ke Thailand, Cambodia dan Vietnam. Saya sempat 2 malam aja di HCMC dan ambil paket Cuchi Tunnel utk 1/2 hr dan saya lebih banyak menghabiskan waktu di Vietnam Utara. Infonya sangat menolong :).

  4. mas toto, boleh minta saran sebaiknya untuk city tour selama 4 hari di hcmc itu kemana saja?dan apakah aman bepergian sendirian di kota seperti hcmc?

    1. Fatma,
      Menurut saya ambil Mekong Tour 1 hari, Chu Ci Tunnel 1/2 hari dilanjut City Tour, dan 1 hari lagi Mui Ne. Baca juga komentar Marie sebelumnya. Sisanya buat explore kota HCMC, pasti seru.
      Sejauh yang saya amati jalan-jalan di HCMC sangat aman bahkan buat perempuan sendiri. Hanya ati2 saja saat nyeberang jalan, disamping banyak motor juga karena mereka pakai setir kiri, beda sama di kita

  5. mas, mau tanya nih, kira2 utk stay 4-5 hari uang saku (exc:tiket,hotel) brapa ya minimal amannya?? Yang kira2 udh cukup utk belanja oleh2+wisata kuliner gtu..
    Thx!

  6. Malam, Mas Toto.
    Kami sudah tiba di Jakarta Selasa kemarin. Wah…informasi dari Mas Toto sungguh sangat membantu. Walaupun kami tidak jadi mampir di Hanoi (5 hari tidak cukup kalau lewat darat), tapi pengalaman di Hoo Chi Minh sungguh menyenangkan. Good view, good food, good price….hahahaha…..
    Yang paling indah yaitu panorama di Mui Ne (padang pasir)….wuihh….very very beautiful……
    Juga di kota kecil Vung Tao, pemandangannya cantik sekali.
    Kami juga sempat naik “sleeping bus”….hahaha….unik, dan yang pasti murah banget. Dari Hoo Chi Minh ke Mui Ne hanya $5.00. Sampai bingung kami, masa untuk bisa naik bis semewah itu hanya bayar tidak sampai 45 ribu.
    Masih banyak cerita dari saya,termasuk bahasa tarzan yang sungguh saya praktekkan…hahaha…..
    Anyway….terima kasih banyak atas informasinya.

    1. Marie, ikut senang bacanya. Vietnam memang sangat murah dan seru. Saya malah gak sempat ke Mui Ne. Bahasa Tarzan itu bagian dari serunya liburan ke Vietnam lho

    2. Hi marie, salam kenal.
      Saya akan ke vietnam tgl 24-27sept 12, boleh minta info ttg mui ne ? Trus boleh minta detil perjalanan marie selama d HCM ga? Tks y…

    3. Halo Mbak Marie, salam kenal saya Tama…

      Mbak saya sangat tertarik sama Mui Ne dan akan ke HCM awal Januari.

      Boleh saya tau alamat email nya? Saya mau menannyakan informasi Mbak..

      Terima Kasih Mbak Marie..

  7. PIN ATM saya 4 digit namun di ATM luar negeri (bank berbeda namun ada logo atm bersama) mintanya 6 digit. Saya ketik 4 digit pin atm saya namun tdk berhasil. Pernah mengalami atau ada solusi ttg hal ini? Saya soba kontak banknya namun belum berhasil. Sudah browsing jg belum menemukan jawabannya. Terima kasih sebelumnya atas sharingnya.

    1. Saya gak yakin jika ada logo ATM Bersama di luar negeri. Untuk memudahkan gunakan ATM dengan logo Maestro atau Visa saat di luar negeri. ATM dengan 6 digit lebih banyak digunakan di luar negeri, jadi sebaiknya gunakan ATM dengan 6 digit saja, spi BCA, BNI, BRI, CIMB. Mandiri masih pakai 4 digit

  8. Slamat malam, Mas Toto…
    Kami sekeluarga (ber 4) berencana ke Hoo Chi Minh tgl 10 – 15 Mei ini. Saya sudah memesan hotel untuk tgl 10 dan 11 Mei di dekat Ben Thanh Market. Sebenarnya ingin sekali ke Hanoi juga. Apakah menurut Mas Toto waktu yang hanya 5 hari ini memungkinkan? Sebab, kalau bisa dari Hoo Chi Minh ke Hanoi lewat darat saja (untuk menghemat biaya). Mohon petunjuknya, Mas.
    Terima kasih sebelumnya…

    1. Marie, 5 hari sebenarnya cukup untuk HCMC & Hanoi, cuma harus disiapkan baik2 sebelum pergi biar efesien waktu. HCMC-Hanoi itu cukup jauh untuk jalan darat. Mungkin perginya HCMC-Hanoi pakai darat sedangkan baliknya pakai pesawat saja. Coba cek Vietnam Airlines, tiketnya gak terlalu mahal juga.

  9. Dear Mas Toto,

    Salam kenal. Saya mo backpacker-an ke Jkt-HCMC-Hanoi-Phnom Penh-Siem Reap-KL-Jakarta tgl 13-20 Maret 2012.
    Saya mo tanya ne:
    1. mata uang untuk transaksi selama di Vietnam, Kamboja apa ya?? USD ato mata uang lokal??
    2. dari HCMC ke Hanoi jauh ga mas, soalnya saya rencana tetap stay di HCMC selama saya city tour ke Hanoi.
    3. Ada info lain jalan2 di kamboja ga mas??

    Makasih banyak ya.

    1. Maria,
      1. di Vietnam pakai Dong tapi USD diterima luas, begitu juga di Cambodia. Bawa USD lebih aman gampang ditUkar dengan mata uang lokal
      2. HCMC Hanoi itu ujung selatan-utara Vietnam, cukup jauh. sayang sekali waktunya jika pulang hari
      3. Cambodia saya gak punya byk info, cobalah googling dulu

    2. Mariaaa..jdwal kita berangkat ke vietnama sama
      saya tgl 17-19 maret di vietnam
      hotel kamu dimana?
      ada rekomendasi gk?
      mas toto gw mau nanyaaa..hotel mas toto ini bagus gk?ada ac?tv?

      1. Hotel yang kupakai itu kecil tinggi, cuma kamarnya lumayan luas juga. AC/TV dan cukup bersih. Di District 1 banyak sekali hotel sekelas ini.

  10. malam pak toto … salam kenal.
    Bulan Mei ini saya rencana pergi ke HCMC, utk liburan 3hari 2 mlm pakai Air Asia.
    Ini pengalaman pertama saya liburan sendiri ke luar negeri. (jadi maaf kalau masih “hijau” skali pertanyan-nya)
    Saya Minta tlg rekomendasi mengenai :
    1. Setelah saya sampai di Air Port HCMC, apa yang sebaiknya saya lakukan? apakah ada biaya imigrasi dsb? kemudian sebaiky saya pakai taxi atau bis menuju hotel ?
    2. Tempat Hotel yang aman dan murah, serta cara bookingnya..?
    3. Rekomendasi citytour disna?

    mengingat ini graduation holiday, sya jdi deg-deg-an skaliii ….
    trimakasih pak :)

    1. Indah,
      1. Vietnam masuk bebas Visa bagi pemegang passport Indonesia. Begitu keluar pesawat ikuti saja petunjuk ke arah Imigrasi. Tidak ada bayar membayar sesampai disana. AirAsia tiba cukup malam, jadi untuk transportasi sebaiknya pakai taxi saja, beli voucher-nya sebelum pintu keluar, harga 8 hingga 9 dollar Amerika.
      2. Untuk hotel pilih di District 1, tempat banyak turis di sana. Hotel sekelas 30-40 dollar banyak tersedia, pesan saja melalui booking.com atau agoda.com. Jika ingin murah beli di hostelbookers.com. Semua link sudah tersedia di blog ini bagian kanan bawah.
      3. Di distrik 1 tersedia banyak agen city tour, saat itu saya pakai Thuan Travel yang brosurnya ada di hotel tempat saya menginap.

      Saran saya, sedikit relax saja, biasanya mayoritas penumpang AA org Indonesia juga. Saya juga menulis beberapacatatan ttg HCMC ini, baca saja di link ini

      1. trimakasih pak :)

        jadi smakin smangat ..
        kebetulan ada teman local people, wktu saya ikut ASEAN conference, juga bisa ditemanin didlm kota sesampainya dsna..
        smoga diberi kemudahan dan klancaran yaa pak, aamiin..
        nanti saya tanya-tanya lagi

  11. Permisi, saya mau tanya untuk pergi dari hoi chi minh ke halong bay itu bisa menggunakan apa saja? dan ada info untuk local tour ga? jadi ga pusing2 lg mo kesananya kemana aja.. tapi saya udah beli tiket pesawat dr jakarta ke ho chi minh… thx before

    1. Celia, dari HCMC ke Halong Bay sebenarnya bisa jalan darat, meskipun jaraknya berjauhan, selatan utara. Diantara keduanya ada Da Nang yang juga cukup populer. Seingat saya banyak tersedia bus ke Hanoi, jika ingin jalan darat. Kalao via udara ada rute Vietnam Airline. Coba rajin googling untuk dapet informasi ttg bus.

  12. Saya masih di Ho Chi Minh, sudah disini dari tanggal 30 Nov kemarin, dan baru akan pulang besok (extend 1 mlm). Tadinya berniat mencari info mengenai atm yg berlogo Maestro disini, saya mau beli tiket pulang baru soalnya tiket yg sebelumnya pakai yg promo. Semoga di kantor penjualannya Lion Air Ho Chi Minh bisa debit BCA pakai jaringan Maestro, soalnya klo debit pakai Maestro ga kena charge beda dengan Cirrus (infonya http://www.facebook.com/ebankingbca/posts/10150454412608619) .

    Buat yg mau kesini, saya saranin jangan lupa bawa P3K sendiri, agak susah nyari apotik, dan kendala bahasa jd menyusahkan untuk nentuin obat sesuai dengan sakit yg diderita. Saya kena diare gatau gr2 kurang cocok sama Pho atau ada salah makan, susah bgt nyari apotiknya, di K Bulet 24 jam juga ada, harus muter2 pake taksi akhirnya :(

  13. mas Toto, saya rencana mau ke HCMC tgl 5 – 7 jan 2012. Hotel bintang 3 apa yang relatif aman dan bersih, serta nyaman? terus klo mau lihat pertunjukkan budaya yang khas Vietnam dimana ya ? spt theater…, terus klo di viet apa sebaiknya sy pake local tour agent disana atau bisa tour sendiri saja ? terima kasih

    1. Irene, untuk hotel coba cari di booking.com pilih saja yang District 1. Untk tour saya sarankan untuk ambil paket saja kecuali city tour karena berdekatan jaraknya. Info lain coba search dgn key word Ho Chi Minh City di kanan atas.

  14. Saya rencana mau travelling ke HCM lebaran ini. Tripnya HCM_Cambodia_Siem Rap_Bangkok….
    Ada yg mau berangkat ga? biar ketemuan di HCM

  15. saya rencana mau ke vietnam sendirian..(mencoba menjadi backpacker sejati)

    ada tips ad tricks yang bisa di sharing ke saya?? mohon bantuannya

    1. kapan ? saya jg rencananya mo backpacking sendirian ke vietnam 28 Juni 2011 brangkat dr malaysia.

  16. rekans, ada yg punya pengalaman narik tunai via ATM di vietnam?
    ATM/ bank yg terpercaya? kursnya gmn? biaya tarik tunai? jumlah pin 4 atau 6?

    TIA, atas bantuannya.
    -doca

    1. Doca, saya pernah menggunakan ATM Mandiri untuk tarik uang tunai di HCMC, dan tidak ada masalah. Mandiri masih menggunakan 4 digit PIN. Semua ATM dengan logo Visa atau MasterCard dapat digunakan di ATM dengan logo sejenis. ATM BRI (6 digit PIN) juga pernah saya pakai untuk tarik tunai di Doha, dan OK juga. Kuncinya adalah logo di kartu ATM, pastikan ada Visa atau Maestro. Sementara jumlah digit PIN tdak jadi soal sebab informasi PIN direkan di magnetic strip atau chip di kartu tersebut.
      Untuk nilai tukar secara umum lebih mahal dibandingkan dengan nilai tukar di money changer.

  17. salam kenal mas toto

    Mau tanya nih,mas… saya ada rencana ke ho chi minh sekitar tgl 21 jan – 1 feb 2012, renc mau ke hcm – kamboja – thailand. pasport saya exp tgl 24 juli 2012, apakah ada kendala masuk ke negara tersebut di atas ? thanks

    1. Restu, kalau sampai di HCMC 21 Jan 2012, masa laku passport masih 6 bulan lebih bbrp hari, menurut aturan msh bisa masuk. Hanya saja saat masuk Cambodia & Thailang, masa laku passport sudah kurang dari 6 bulan. Sebaiknya perpanjang dulu saja.

  18. salam kenal bro Toto,

    Juli ’11 ini saya & istri ada mau liburan ke sini juga nih.

    transportasi untuk keliling2 di sana apa cuma naik kendaraan umum? apa tidak ada penyewaan sepeda motor?

    thx :)

    1. Aries, saya pernah lihat penyewaan motor ada juga disana tapi tak seperti di Bali. Hanya saja, naik motor di Saigon bukan hal mudah, karena motornya banyak banget dan mereka menganut stir kiri (rada kagok lihatnya). Kendati motornya sangat banyak tapi gak seperti pengendara motor di Jakarta (relatif tertib dan pelan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s